PHP MySQL Code Generator

phpmyedit_2

Sebagai seorang programmer PHP, hal yang paling sering di lakukan adalah membuat program Pengolahan data yang melibatkan database MySQL. Pengolahan data PHP MySQL sering disingkat dengan CRUD (Create, Read, Update, delete) umumnya ada di halaman admin web. Namun, melakukan coding manual untuk melakukan operasi CRUD merupakan pemborosan waktu, Solusinya? Gunakan PHP MySQL code generator. Sebelum mencoba tool ini, pastikan anda sudah menginstall Apache, PHP dan MySQL di komputer anda. Silahkan coba Appserv atau XAMPP.

Tool PHP code generator sudah bertebaran di internet. Dari sekian banyak tool tersebut saya akan pilihkan 3 tool yang bisa anda coba sehingga pengerjaan proyek web anda jauh lebih cepat.

 

1. SQL Maestro PHP code generator

SQL Maestro adalah tool Berbasis GUI untuk membuat Code Pengolahan data dengan beberapa klik mouse. Semuanya proses berjalan seperti magic, tanpa coding manual, halaman pengelahan datanya langsung jadi dan bisa langsung di coba. Kelebihan utama yang paling nampak dari SQL Maestro adalah fitur export data ke  PDF, XML, CVS, Excel and Word.

SQL maestro bersifat freeware, namun versi ini hanya mendukung CRUD dasar, untuk fitur tingkat lanjut, anda bisa membeli versi profesionalnya.

 

SQL maestro Code
Contoh Hasil Code generator SQL Meastro

2. PHPMaker

Tool kedua yang bisa anda pakai untuk membuat code secara magic adalah PHP Maker. Kelebihan utama dari PHPMaker adalah kemampunya memuat halaman login otomatis dan dukungannya terhadap banyak database. Jadi anda bisa membuat aplikasi web PHP-MySQL, PHP-SQL server, PHP-MS Access dan database lainnya. Kekurangannya? Untuk memakai program ini anda harus membeli tool tersebut. untungnya PHP Maker memberi versi trialnya yang bisa anda cobanya. di Versi trialnya , tidak semua fitur bisa anda pakai.

Tampilan Layout hasil Code generator PHPMaker

3. PHPMyEdit

Tool ketiga ini mempunyai satu kelebihan utama yaitu Open source. PhpMyEdit dibuat menggunakan PHP.  Berikut ini adalah fitur dari PHPMyEdit:

  1. Crud Code generator .
  2. Mendukung Paging, filtering dan sorting.
  3. lookup table lain, misalan anda punya tabel buku dan tabel penerbit, maka anda bisa membuat Form tambah buku dengan combo dinamis yang diambil dari tabel penerbit .
  4. Output layout menggunakan CSS sehingga anda bisa memodifikasi Layout dengan mudah.
  5. Multibahasa.
Tampilan hasil code generator PHPMyEdit

Penutup

Walaupun tool Code generator sudah sangat memudahkan pembuatan halaman pengeolahan data, namun bukan berarti anda tidak lagi belajar PHPdan MYSQL. Code generator bukan pengganti programmer, namun sebagai alat pelengkap untuk mempercepat coding PHP MySQL. Kekurangan yang paling nampak dari Code generator adalah sbb:

  1. Code dari hasil generator sangat sulit di edit dan susah di pahami, apalagi bagi pemula PHP.
  2.  Code umumnya lebih panjang ketimbang dibuat sendiri.
  3. Code susah di rawat kalau ada perubahan tabel atau kolom.
  4. Pengubahan tampilan atau layout cukup susah.

Jadi, sekali lagi, keep learn to code manually ! :)

 

 

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!