perbedaan User Level di WordPress

WordPress mempunyai 5 level user yaitu Subscriber, Contributor, Author, Editor dan Administrator. Secara default jika admin wordpress hanya satu orang maka posisinya adalah administrator. Terus apa sih perbedaan masing masing user tersebut? Mari kita cek satu satu dari yang level terendah sampai yang tertinggi :

Subscriber /pelanggan

Subscriber adalah user level paling rendah di WordPress. Dia hanya bisa mendaftar, login dan mengupdate profil serta memberi komentar di website. Terus kalau cuma seperti itu apa manfaatnya user subscriber?  Subscriber sangat cocok untuk website Organisasi dimana untuk komentar harus menjadi Anggota website tersebut. Contoh lain dari User subscriber adalah menjadi pembaca setia di website serta sangat bermanfaat untuk Website komunitas.

Contributor

Contributor hanya bisa mengirim artikel namun tidak bisa mempublikasikan nya. Tulisan contributor harus di review terlebih dahulu oleh Editor atau Administrator.

Author

Author bisa mengirim post dan mempublikasikan nya sendiri, namun Author tidak bisa mengedit artikel penulis lain.

Editor

Editor bisa melakukan semua proses pengelolaan website WordPress kecuali mengubah konfigurasi, menginstall plugin atau pun menginstall Tema.

Administrator

Administrator bisa melakukan semuanya di website. Dari menulis artikel , menulis page, mengupload media, Review komentar sampai mengubah konfigurasi, Install plugin dan tema.

Memahami user level di WordPress sangat bermanfaat bagi Blog yang di kelola oleh Organisasi atau komunitas yang menginginkan bahwa setiap anggotanya berperan aktif di website. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat. Info graphic yang lebih rinci tentang user level di WordPress bisa dilihat di WpBeginner.

Tinggalin komentar dong!