CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Penyebab Terlambatnya Proyek Pembuatan Software

Hampir setiap programer pernah  mengalami permasalahan dalam pengerjaan proyek  sofware yang ditanganinya. Banyak hal yang menyebabkan proyek tidak selesai pada waktunya? apa sih penyebabnya dan bagaimana solusinya? cekidot bro!

1.  Manajemen Proyek yang buruk

Ini adalah hal yang paling sering terjadi. Umumnya programmer tidak membuat waktu yang pasti, terutama programer freelance.

Solusi untuk mengatasi permasalan ini tentunya harus membuat jadwal design& Coding rutin.

2. Salah Desain

Ini adalah masalah yang umum terjadi. Desain yang asal asalan akan membuat kita kelimpungan ketika ada sesuatu yang tidak beres. umumnya terjadi di desain database atau kelas diagram.

Solusi:
Tanyakan alur  sistem  yang akan dibuat kepada client. Pastikan desain sudah OK sebelum anda coding. selain itu, mintalah saran temen anda atau programmer senior.

3. Permintaan dan fitur yang diminta berubah ditengah jalan

Hal ketiga yang sering terjadi adalah, ketika proyek hampir selesai, ternyata ada penambahan fitur dari si client, atau ternyata ada perubahan spesifikasi sistem.

Solusi

Buat kesepakan awal, kalo ditahap desain sudah ok ternyata ada perubahan saat masuk implementasi, anda minta tambahan waktu dan yang lebih penting minta tambahan biaya.

4. Keterbatasan Bahasa dan Library

Kesalahan ini sering terjadi saat kita sudah masuk kedalam tahap koding, sebagai contoh anda akan membuat twitter client menggunakan java dan ternyata Library twitter untuk java tidak didukung oleh twitter.

Solusi:

Anda harus melakukan survey terhadap bahasa dan library yang tersedia, dan usahakan cari proyek sejenis di internet.

5. Ketidakmampuan programmer

Hal ini sering terjadi bagi para programmer pemula, mereka menganggap gampang suatu proyek . Kita proyek sedang berjalan, mereka baru merasakan ternyata kemampuan /skill yang dimiliki tidak mampu untuk menangani proyek seperti ini.

Solusi:

Belajar menolak proyek dari client untuk hal yang kita tidak mampu mengerjakannya, tidak setiap calon client kita “IYA” kan. Cara lain, berikan proyek tersebut ke rekan /teman kita yang lebih mampu.

Jika anda punya masukan lain, silahkan tambahkan di komentar :D