PenjelasanStruktur direktori di Linux

diagram linux filesystem. sumber:http://www.winlinhack.com/wp-content/uploads/2011/10/linux_file_system.jpg

Linux berbeda dengan windows dari berbagai sisinya. Salah satu hal yang berbeda adalah struktur direktorinya. Di Windows, 3 direktori utama adalah direktori user, windows dan program files. Di Linux, ada banyak direktori yang mempunyai tugas yang berbeda. Sebagian besar distro Linux, UNIX dan BSD mempunyai struktur direktori yang sama atau mirip. Mari kita tulusuri satu persatu apa sih isi masing masing direktori .

diagram linux filesystem

sumber:http://www.winlinhack.com

/boot

direktori boot berisi kernel linux serta file bantunya. Jadi jika kita ditanya dimana kernel linux berada? dia ada didalam folder boot dengan nama vmlinux-x.y.z.

/bin,/sbin

berisi perintah dasar untuk user biasa. sedangkan folder /sbin berisi perintah untuk user root atau administrator.

/dev

Berisi file file yang merepresentasikan hardware.

/cdrom, /media, /mnt

Tiga folder ini mempunyai fungsi sama, yaitu menampung file dari usb,cdrom atau HD external saat anda menghubungkan device tadi ke linux. masing masing distro mempunyai kebijakan yang berbeda dalam hal ini.

/home, /root

Berisi dokumen dari user. folder ini bisa disamakan dengan my dokumen di windows. khusus untuk user root, letak “my dokumen”nya ada di folder /root.

/lib

lib berisi librari sofware dan kernel.file yang ada di folder ini biasanya berektensi so. file SO bisa disamakan dengan file DLL di windows.

/etc

berisi file konfigurasi di linux. bisa disamakan dengan registry di windows. jangan mengutak atik file di folder /etc jika anda tidak tahu persis apa yang anda lakukan.

/srv, /run

berisi file file untuk server. misalkan server menjalakan samba dan webserver, maka kebanyakan filenya ada disini.

/var

berisi file file untuk webserver /var/www. Folder ini juga berisi file log yang letaknya di /var/log.

/usr/, /opt

folder ini berisi program program yang terinstall di linux. dua folder ini bisa disamakan dengan “Program files” di Windows.

/tmp

hanya berisi file file sementara (temporer), isi folder ini hilang saat komputer direstart.

/proc

Berisi proses yang sedang berjalan. Setiap program yang sedang berjalan, maka proses tersebut ada di dalam folder /proc. isi file /proc juga hilang saat komputer di restart.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!