SSL (Secure Sockets Layers) adalah teknologi keamanan  transfer data antara Web Server dan browser . SSL memastikan bahwa data yang di kirim antara web server dan Browser tidak bisa di lihat oleh pihak lain dan memastikan bahwa data yang dikirim tidak di ubah ditengah jalan oleh pihak ketiga ( hacker,cracker, pencuri data dll).  Ciri website menggunakan SSL adalah icon gembok warna hijau dan diikuti kata https. Agar website anda bisa menggunakan protokol https langkah pertama yang perlu di lakukan adalah membuat sertifikat SSL untuk domain anda.

Sertifikat SSL bisa dikelompokan dari dua sisi yaitu dari Levelnya dan dari cakupan domainnya. Sertifikat SSL terbagi menjadi tiga di lihat dari levelnya yaitu  Domain Validation (DV), Organisation Validated  (OV) dan Extended Validation (EV). Sedangkan dilihat dari jumlah domain yang dicakup,  sertifikat tersebut juga dibagi menjadi tiga yaitu  Single Name SSL Certificate, Wildcard certificate , dan Multi domain Certificate /SAN SSL.

SSL berdasarkan levelnya

Domain Validaton SSL 

Domain validaton (DV) SSL adalah sertifikasi paling murah dan paling rendah, untuk membuat Sertifikat ini pun hanya perlu beberapa menit. Biayanya pun relatif murah, harga per tahunnya sekitar 100-200 ribuan. SSL Tipe ini memastikan bahwa anda mempunyai kontrol penuh terhadap domain yang anda punya. CA (Certificate Authority) sebagai pemberi Sertifikat biasanya melakukan verifikasi dengan meminta Pemilik domain mengubah DNS recordnya atau mengupload file tertentu ke server. SSL ini memastikan bahwa transfer data antara user dan server di enkripsi, candra.web.id memanfaatkan DV SSL dari Let’s Encrypt.

Organisation Validation SSL

Untuk bisa mendapatkan Organisation Validation (OV) SSL proses yang diperlukan dokumen pendukung bahwa Organisasi anda adalah pemilik domain tersebut. Misalkan sebuah perusahaan PT XYZ ingin mendapatkan OV SSL, maka pihak CA (pembuat sertifikat atau yang mewakili) akan menelpon perusahaan tersebut untuk memastikan bahwa Perusahaan ini memang pemilik domain yang akan diberikan SSL. Ciri dari website dengan OV SSL adalah adanya tambahan gambar shield (Tameng) . SSL tipe ini cocok untuk organisasi yang tidak melakukan transaksi bisnis lewat Internet (misal Perguruan Tinggi, Yayasan, lembaga non profit dsb).

Extended Validation SSL 

Sertifikat SSL paling tinggi dan paling mahal. Untuk mendapatkan EV ini pihak CA akan meminta bukti kepemilikan Domain, Organisasi/Perusahaan, Alamat lokasi fisik dan Legalitas perusahaan (misalkan Surat pendirian Perusahaan/ Organisasi). EV SSL cocok dipakai untuk Perusahaan eCommerce, Bank, Perusahaan yang membutuhkan transaksi B2B dan Website Badan Resmi Pemerintah. Ciri dari EV SSL adalah nama perusahaan akan muncul di Address Bar

Ringkasnya perhatikan diagram Sertifkat SSL berikut :

perbandingan Sertifikat SSL (src:https://serverguy.com/security/types-of-ssl-certificates/)

SSL berdasarkan Jumlah Domain yang di Cover

Pengelompokan SSL berdasarkan domain ada 3 yaitu 1) Single name, 2) Wildcard, dan3) Multi domain/ SAN SSL. Sertifikat Single Name SSL Certificate  dipakai untuk satu domain saja, misalkan candra.web.id. Jika kita sebut candra.web.id secara otomatis www.candra.web.id juga sudah termasuk didalamnya karena www adalah alamat default jika tidak diketik di browser. Terus bagaimana jika kita punya subdomain dibawah candra.web.id, misalkan blog.candra.web.id dan download.candra.web.id ? kita harus membeli Wildcard domain SSL Certificate. Ciri khas dari Wildcard Domain SSL adalah semua subdomain (walaupun jumlahnya puluhan) tetap terkover hanya dengan satu certificate. Yang terakhir adalah Multi domain atau lebih dikenal dengan UCC/SAN SSL? untuk tipe ketiga ini dipakai jika ada sebuah perusahaan yang mempunyai banyak website. Misalkan saja ya saya punya perusahaan Candralab Studio. Saya punya 3 website yaitu candralab.com, candra.web.id, dan Candrasoft.com. Daripada saya beli Sertifikat SSL satu satu, kenapa tidak sekali beli aja dengan UCC SAN SSL?

ini adalah gambaran singkat seputar Sertifikat SSL, Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Informasi lebih lengkap seputar SSL dan harganya bisa anda baca di Link link berikut :

  1. https://idwebhost.com/ssl-murah
  2. https://www.niagahoster.co.id/ssl-murah
  3. https://serverguy.com/security/types-of-ssl-certificates/
  4. https://www.globalsign.com/en/ssl-information-center/what-is-an-ssl-certificate/

Published by Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Leave a comment

Tinggalkan Komentar plz!