Pengantar Komponen Visual Android

Tab di aplikasi Android

Setelah lama tidak menulis Pemrograman Android, saya akan kembali melanjutkan materi android dasar. Artikel sebelumnya fokus ke tool eclipse dan SDK serta dasar dasar pemrograman yang lebih tepat disebut pengantar, untuk artikel ini dan selanjutnya secara bertahap akan saya tulis pemrograman dasar Android. Sebelum masuk ke coding, di sini akan saya jelaskan komponen visual android yang perlu anda tahu. Tujuan utamanya adalah memfamiliarkan anda dengan nama widget (komponen visual) dan fungsinya secara umum. Jangan sampai ada petunjuk ” klik bagian textview, lalu pindah ke atas spinner“, namun anda belum paham mana textview mana spinner? Yuk kita mulai satu persatu. sebagian besar gambar disini diambil langsung dari developer.android.com.

TextView

TextView adalah komponen paling dasar diandroid. Komponen ini dalam bahasa pemrograman visual sering disebut juga dengan label. TextView bisa dipakai untuk menampilkan teks statis atau text dinamis dengan format HTML. TextView bisa dubah warna, ukuran, jenis huruf, posisi, format dan sebagainya. Text View adalah komponen Pertama yang akan saya bahas di bagian tutorial dasar android.

Button

Tombol di android. Tombol diandroid dibagi menjadi tiga yaiu Button, ImageButton dan ToggleButton. Untuk ImageButton sendiri sama dengan button, perbedaannya kita bisa mengganti tulisan di button menjadi gambar. Toggle Button adalah tombol khusus yang fungsinya sama dengan caplock di keyboard. Toglebutton sering dipakai untuk tombol On/Off. Tombol ini juga sering dipakai di Music/Video player untuk tombol Play/Pause.

 

Button di android
Button di android

TextField

Komponen dasar paling penting untuk menerima input user adalah textField. Perbedaan mendasar textfield diandroid dengan textfield di platform lain adalah kemampuan filter textfieldnya. Maksudnya bagaimana? Validasi di TextField diandroid bisa diatur dengan mudah yang efeknya akan terlihat di keyboard touchscreen. Sebagai contoh jika kita mengatur tektfield harus berisi angka, maka touchscreen keyboard langsung berubah hanya menampilkan angka saja. Semuanya diatur oleh XML layout.

Touchscreen hanya menampilkan angka karena input di filter number
Touchscreen hanya menampilkan angka karena input di filter number

List

List adalah komponen Visual android yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk daftar secara vertikal. Contoh penggunakan list di aplikasi android adalah aplikasi SMS, Contact atau Timeline Twitter. Variasi dari list juga sangat banyak. Ada list satu baris, list multiline(dua baris) , list bergambar. List yang mendukung pencarian (seperti kamus) dan sebagainya. Berikut ini adalah contohnya

Contoh tampilan List satu baris, dua baris dan 3 baris
Contoh tampilan List satu baris, dua baris dan 3 baris

GdridView

Gridview adalah komponan Visual Android yang digunakan untuk menampilkan data dalam format kisi kisi. Biasanya cocok digunakan untuk menampilkan kumpulan gambar atau object visual. Contoh paling nampak dari Grid adalah homescreen Android seperti dbawah ini.

Contoh Grid di homescreen
Contoh Grid di homescreen

Spinner

Tidak panjang lebar untuk spinner. Spiner di pemrograman visual desktop disebu juga dengan Combobox.

Contoh spinner
Contoh spinner

Tab

tab adalah komponen android yang biasanya diletakan dibawah Title bar (actionbar). Biasanya Tab dipakai untuk mengelompokan content sesuai kategorinya. Tab ini dibagi lagi menjadi dua yaitu Fix Tab dan scrollable tab. Fix tab biasanya dipakai untuk menu sedikit (maximal 3) dan scrollable tab dipakai untuk menu dengan kategori yang banyak.

Tab di aplikasi Android
Tab di aplikasi Android dengan thema Dark (kiri) atau Light (kanan)

Bagian penjelasan komponen visual yang lain akan saya lanjut dibagian kedua.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Pengantar Komponen Visual Android”

Tinggalin komentar dong!