Pengantar Komponen Visual Android Part 2

Seekbar dalam thema light dan dark

Melanjutkan artikel sebelumya tentang komponen visual di android. Berikut ini akan saya bahas beberapa komponen utama lain di Pemrograman android

Seekbar

Seekbar adalah komponen Android yang dipakai untuk menggeser nilai dari nilai awal (biasanya 0) sampai nilai akhir (biasanya 100). Seekbar sering dipakai untuk mengatur volume suara, kecerahan warna, quoata bandwidth, ukuran gambar dan sebagainya.

Seekbar dalam thema light dan dark
Seekbar dalam thema light dan dark

ProgressBar

progressbar adalah komponen visual yang bertugas untuk menunjukan progress suatu proses. Progress bisa berupa download file, loading aplikasi dan update aplikasi. Intinya, jika anda membuat aplikasi yang membutuhkan waktu lama dalam pemrosesannya, gunakan progressbar. Secara sekilas, progressbar mirip dengan seekbar, hanya saja progressbar hanya bermanfaatnya untuk menampilkan informasi dan bukan sebagai komponen untuk menerima input secara manual.

Contoh progresbar menunjukan proses download aplikasi
Contoh progresbar menunjukan proses download aplikasi

Switch

Switch adalah komponen visual yang dipakai untuk menginput pilihan dari user. Ada 3 variasi dari switch yaitu Checkbox, Radiobutton dan On/Off Switch. Checkbox dipakai untuk menginput lebih dari satu pilihan. Radiobutton dipakai untuk memastikan user hanya bisa memilih satu pilihan diantara banyak pilihan. On /Off Switch dipakai untuk input yang pilihannya hanya dua dan user hanya boleh memilih salah satu. On/Off switch bisa juga disebut dengan saklar. Inputnya pasti dua dan berlawanan. Hidup/mati, Aktif/Nonaktif. Offline/Online dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh Checkbox, radio button dan Switch on/off.

 

Checkbox.

Checkbox
Checkbox

Radio button

Radio button
Radio button

Switch on/off

Switch On/Off
Switch On/Off

 

Dialog

Dialog adalah komponen visual yang biasanya muncul dalam bentuk Pop-up dan memberikan pilihan pada user sebelum proses selanjunya di eksekusi. Contoh dari dialoag sangat banyak diantaranya adalah , Dialog saat ingin menutup aplikasi (confirm dialog), dialog yang menampilkan pesan Error dan dialog yang meminta input dari user (misalkan masukan nama).

Salah satu contoh dialog Android
Salah satu contoh dialog Android

Selain dialog yang meminta input user, Android juga mempunyai satu jenis dialog lagi yang bernama Toast. Toast adalah pesan yang muncul saat terjadi error (misal input tidak valid) selama beberapa detik dan hilang dengan sendirinya.

 

Picker

Picker adalah komponen visual untuk input data yang mirip dengan combobox (Spinner). Pebedaannya kita bisa menggeser nilai dengan menyentuk panah keatas dan kebawah, perbedaan lain, kita bisa menginput nilai sendiri kedalam spinner. Contohnya seperti ini, anggaplah anda diminta memasukan nilai antara 5-100, namun pilihan dipicker hanya ada kelipatan 5, terus bagaimana jika kita ingin memasukan nilai 18 misalkan. Maka cukup ketikan saja dispinner. Picker merupakan komponen gabungan dari EditText dan SPinner.

Picker
Picker

Komponen visual yang sudah saya tuliskan merupakan komponen visual utama dan paling sering dipakai di Android. Dalam tutorial selanjutnya, saya akan membahas tentang TextView secara mendetail termasuk dengan contoh kodenya. Selamat belajar!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Pengantar Komponen Visual Android Part 2”

Tinggalin komentar dong!