CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Panduan seting Modem ADSL Speedy

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian orang. Untuk terkoneksi internet, ada berbagai macam cara dan teknologi,  dari menggunakan Satelite, jaringan 3G atau CDMA, Wireless atau menggunakan Modem ADSL.

Dalam tulisan ini, kita akan fokus ke ADSL. ADSL adalah kependekand dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Penjelasan sederhana tentang teknologi ini adalah ” Teknologi yang membolehkan koneksi internet menggunakan jalur telepon PSTN (telepon rumah). Kata Asymmetric menunjukan bahwa Antara kecepatan upload dan download data tidaklah sama.

Cara melakukan koneksi menggunakan teknologi ini dibutuhkan sambungan telepon, spliter dan tentu saja modem ADSL. Gambar modem dan spliter bisa di lihat digambar berikut ini.

Fungsi dari spliter adalah sebagai pemisah antara jalur data dan suara sehingga ketika ketika kita berinternet dan ada panggilan masuk ke Telepon rumah, masing masingnya tidak saling menganggu, inilah yang membedakan dengan modem dial up (masih inget telkomnet instant?).

Diagram jaringan ADSL bisa di gambarkan seperti diagram berikut

Diagram jaringan ADSL

Setting

Panduan setting modem ADSL dibagi menjadi dua, yaitu PPPoE dan Bridge. Ringkasan setting adalah sebagai berikut.

Bridge

Untuk seting ini cocok jika penggunanya hanya satu orang, di setting bridge, tidak ada seting username/password. Username password di masukan saat komputer kita mendial ke Speedy. Cocok untuk dipakai sendiirian atau komputer rumahan.

Sedangkan setting PPPoE

Protocol: PPPoE, VPI/VCI: 8/81,

untuk parameter ini biasanya kalau parameter 8/81 tidak bisa, gunakan saja parameter 8/35. Tanya pihak speedy kalau masih terjadi error, mengingat seting antar satu daerah dengan daerah yang lain kadang tidak sama.

Encapsulation: LLC,

QoS Class: UBR, PCR/SCR/MBS: 4000/4000/10,

IP assigned by ISP: Yes,

Pilihan Yes artinya IP kita akan diberi otomatis saat modem mendial ke server speedy. Namun, jika anda di beri IP statis oleh pihak speedy, jawab dengan No, dan masukan IP number di halaman konfigurasinya.

Connect Type: Always Connected,

Idle Time (Minute): 5,

Jika anda memakai koneksi unlimited, “Alwasy Connected” adalah pilihan yang tepat, namun jika koneksi anda dibatasi waktu atau Quota bandwidth pilih saja “Dial on Demand” dan Setting di bagian “Automatic disconnect” ke seting 5 menit jika tidak ada yang mengakses internet di Jaringan kita maka modem otomatis memutus koneksi.

Username: nmrspeedy@telkom.net,

catatan penting disini, jangan kelupaan menambahkan @telkom.net pada username.

Password: (password dari telkom),

MTU: 1492

Setting ini cocok  jika dipakai di warnet, kantor atau ditempat dimana sharing koneksi speedy sangat dibutuhkan.

Setting Modem merek X

Karena banyaknya merek modem dipasar, saya tidak bisa memberi cara langkah demi langkah . Untungnya pihak telkom sudah memberikan tutorial langkah perlangkah untuk hampir sebagian besar modem yang ada dipasaran. Anda bisa merujuknya di http://www.telkomjatim.com/?page_id=1847.