Panduan Google+ Untuk Developer

Ripel menggambarkan efek viral sebuah update

Google+ adalah jejaring sosial terbesar ketiga setelah Facebook dan Twitter; padahal Google+ punya segudang fitur yang membuat kita lebih produktif. Tulisan ini adalah panduan dasar untuk para developer, programmer dan webmaster yang ingin melihat lebih dalam apa itu google+.

Sebelum lebih jauh anda membaca artikel ini, saya ingatkan bahwa ini adalah Panduan Pemakaian dari Google+ untuk para developer, programer atau Web desainer, BUKAN Tutorial Pemrograman Google+ atau cara mengintegrasikan Google+ ke aplikasi atau layanan yang anda buat; Untuk bagian pemrograman Google+ akan dibahas di artikel yang lain. Sekali lagi, panduan disini lebih tepat semacam Tour untuk para developer (termasuk web master)  supaya bisa memanfaatkan Google+ untuk menunjang produktivitas anda secara umum.

Google+ What’s Hot

What’s hot adalah fitur di Google+ yang akan menampilkan artikel paling populer saat ini. Kebanyakan artikel di Google+ berhubungan dengan produk Google seperti android, Google maps atau Chome, Berita IT dan Humor. Namun yang menarik disini, What’s hot juga berisi link dari project Opensource di Github yang sedang populer. Kadang berisi artikel pemrograman terbaru, kadang berisi link download untuk free template, free icon atau free tutorial yang berhubungan dengan Android,Web ataupun topik Teknologi yang lain.

Bagian ini juga terdapat fitur “trending” mirip dengan Twitter jadi anda bisa melihat apa yang sedang Hot disitu. Berbeda dengan Twitter yang kebanyakan berisi gosip artis atau acara TV, trending di Google+ lebih banyak berhubungan dengan Teknologi informasi.

Google+ Ripple

Saat anda menulis artikel dan ternyata artikel itu menjadi viral di Google+, anda bisa tahu prosesnya. Google+ menggambarkan dengan Ripple. Contoh seperti dibawah ini. Arikel yang membahas iPhone 5C masuk what’s hot, baik anda ataupun peulis artikel ini bisa melihat ripple effect dari sharing di Google+. Cantik bukan?

Ripel menggambarkan efek viral sebuah update
Ripel menggambarkan efek viral sebuah update

People, Page dan Comunities

Jika anda suka dengan tokoh IT atau developer top seperti Sundar Picai yang saat ini mengepalai tim Google Chrome dan Android,  anda bisa memfollownya, atau anda tertarik dengan tutorial terbaru dari Nettut,+ anda cukup follow Page Nettut+. Jika anda ingin berdiskusi dengan thema Android (ini misal aja ya), anda bisa masuk ke Android Comunity di Google+.

Google+ Event

event terintegrasi dengan google calendar
event terintegrasi dengan google calendar

Google+ mempunyai fitur untuk menambahkan event atau melihat public event yang diselenggarakan di dunia. Jika komunitas anda punya event, kenapa tidak dibuat saja dengan Google+ Event; setiap yang akan menghadari event akan tercatat di Google Calendar anda dan orang yang berencana datang ke event anda.

Event sangat cocok untuk komunitas developer yang ingin membuat meetup atau acara seminar dan workshop.

Hangout (On Air)

hangoutonair

Ini adalah fitur canggih yang disediakan gratis oleh Google. Bagi yagn sedang bekerja Tim, Hangout juga cocok untuk melakukan Koordinasi kerja team. Presiden SBY dan Barak Obama juga memanfaatkan Hangout untuk teleconference tanpa biaya (kecuali biaya koneksi internet tentunya).

Ektensi dari Hangout adalah Hangout on Air; sebuah fitur komunikasi video chat yang bisa dijadikan alat untuk elearning atau seminar jarak jauh. Anggaplah anda sedang mendemokan cara membuat program android pada kelas jarak jauh, Sesi Hangout ini secara otomatis bisa direkam dan dishare di Youtube. Anda juga bisa melihat berapa orang yang sedang menghadari Hangout anda.

Selain membuat evenet hangout sendiri, kita juga bisa ikut terlibat untuk ikut serta event Hangout yang sifatnya publik. Biasanya topiknya sangat luas, tapi anda bisa mencari untuk event hangout yang berhubungan dengan pemrograman. Developer Google sering membuat jadwal hangout secara rutin sehingga kita bisa diskusi langsung dengan para developer dibalik produk Google. Keren kan?

Ingat, selain fitur diatas, masih banyak fitur yang lain. Namun apa yang saya sebutkan diatas adalah yang paling relevan dengan aktivitas dan pekerjaan seorang developer. Semoga artikel singkat ini bisa memberi manfaat dan Google+ akan semakin ramai kedepanya.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!