Panduan Domain dan Webhosting Untuk Pemula

Domain

Domain adalah alamat suatu website yang sifatnya unik. Sebagai contoh domain adalah http://www.candra.web.id. Untuk mempunyai domain, anda harus membelinya di jasa layanan pembelian domain, namun jika anda tidak mau repot, anda bisa langsung membeli domain & hosting di jasa webhosting.

Harga domain

Domain mempunyai harga yang berbeda beda, berikut ini adalah daftar harga domain disalah satu webhosting

.com .net .org Rp 110.000

.biz .mobi Rp 110.000

.ac.id .sch.id Rp 60.000

.or.id Rp 60.000

.mil.id .go.id Rp 60.000

.asia Rp 110.000

.co.id .net.id Rp 100.000

.me Rp 250.000

.tv Rp 250.000

.web.id Rp 60.000

.info Rp 110.000

Jika anda ingin menggunakan domain .id, maka anda bisa langsung mengurusnya di http://www.pandi.or.id/. Untuk pembelian domain sendiri tidak boleh asal, misal domain mil.id, hanya digunakan oleh militer, sch.id digunakan untuk sekolah, ac.id digunakan untuk perguruan tinggi, go.id digunakan untuk domain pemerintah, sedangkan untuk personal bisa menggunakan domain web.id.

Mengurus domain langsung ke pandi lebih murah ketimbang mengurus di webhosting.

Pengertian Webhosting

Webhosting adalah jasa penitipan website di perusahan Hosting. Mengapa harus dititipkan? alasan paling dasar adalah karena webhosting mempunyai koneksi 24 jam nonstop dan server dengan spesifikasi tinggi serta bandwitdh yang besar sehingga website anda bisa diakses oleh orang di dunia.

Anda bisa saja menghosting website buatan anda di server anda sendiri, tentunya anda harus melakukan berbagai macam konfigurasi seperti seting DNS server, Webserver, Database server dan harus menangani  masalah security di server.  Tugas ini tentunya tidak gampang, maka webhosting adalah solusi yang cukup efektif untuk hal perkara ini.

Harga Webhosting

Webhosting biasanya meminta bayaran dalam hitungan bulan, 3 bulan ,6 bulan atau satu tahun tergantung kontrak. Namun yang paling umum adalah 6 bulan atau 1 tahun. Biaya webhosting perbulan ada yang dibawah Rp 20.000,00 sampai diatas 200rb perbulan tergantung layanannya.

Berikut ini adalah contoh penawaran hosting dari salah satu webhosting di indonesia

Penjelasan Paket Hosting

Space

: Adalah quote hardisk yang disediakan.

Bandiwdth:

Total transfer data dari dan ke website anda.  Misalkan anda menggunakan paket 100MB dan bandwith10GB, dengan asumsi bahwa setiap 1 kali mengakses server mengirim data 1MB, maka hanya 10000 x kunjungan user yang bisa dilayani . Bagaimana jika quota bandiwth sudah melebih batas padahal belum sampai satu bulan? maka otomatis website anda tidak bisa diakses.

Kadang beberapa webhosting akal akalan harga dalam perkara ini, misal anda bisa mendapat space 50M dengan harga 5ribu perbulan, namun bandiwdth untuk anda 1GB perbulan, tentunya jika website anda ramai, maka dalam hitungan beberapa hari saja , website anda sudah tidak bisa diakses lagi, ujung ujungnya webhosting akan menyarankan anda untuk mengupgrade paket hosting.

Subdomain

Subdomain sebagai contoh  blog.candra.web.id, blog disini adalah subdomain, usahakan membeli hosting dengan dukungan subdomain unlimited, ini sangat bermanfaat jika anda punya instansi atau komunitas, sehingga masing masing anggota bisa membuat website sendiri dibawah nama instansi anda. subdomain tidak perlu biaya tambahan dan tidak perlu registrasi ke pihak layanan domain.

MySQL support

Kebanyakan webhosting hanya menyediakan layanan mySQL PHP.Jika anda menggunakan bahasa pemrograman lain misal ASP atau database selain MySQL, tanyakan terlebih dahulu ke pihak webhosting apakah database yang akan anda pakai didukung atau tidak.

Email Account

Anggaplah anda mempunyai website candralab.com, email account disini artinya kita bisa membuat email menggunakan domain kita misal info@candralab.com, atau support@candralab.com, usahakan email account unlimited terutama jika website anda untuk kepentingan organisasi.

FTP Account:

batas maximal account untuk satu website. Untuk contoh diatas, semuanya unlimited, namun ada beberapa webhosting yang membatasi misal 1 ftp acccount. Jika anda kerja dalam tim dan masing masing team punya subdomain sendiri, maka saya sarankan carilah paket hosting yang membolehkan lebih dari 1 account ftp.

Uptime guarantee

Jaminan uptime bahwa server akan terus beroperasi terus menerus dan seandainya down, maka hanya kurang dari 1 persen, artinya jika satu bulan hosting maka hanya maximal 7 jam server down, itu sih teorinya, namun kadang downtime lebih banyak dari itu karena kadang server overload.

Support 24 jam

Dukungan jika anda mengalami masalah, misal server error atau tidak bisa diakses, biasanya dukungan berupa email, chat YM, telepon atau SMS. Walaupun demikian, kenyataan dilapangan biasanya support ditangani disaat jam kerja saja, jarang sekali terutama sharehosting yang memberikan pelayanan 24 jam nonstop.

Datacenter

Letak server, biasanya di amerika atau di indonesia, sekedar saran, jika kebanyakan pengakses berada di indonesia, maka gunakan data center di indonesia, begitu juga sebaliknya.

Control panel

Control panel adalah panel pengaturan hosting untuk kemudahan pengelolaan website. Control panel yang paling populer adalah Cpanel, namun ada juga beberapa control panel yang lain misal directAdmin. Usahakan pilih Cpanel karena produk ini hampir selalu ada di layanan webhosting sehingga jika anda pindah hosting anda tidak akan mengalami kesulitan

Panduan singkat Cpanel

Anggaplah anda sudah mempunyai webhosting dengan nama candralab.com dengan layanan hosting PHP/MySQL, maka untuk login kedalam Cpanel bukalah alamat http://www.candralab.com/cpanel.

Setelah login dan muncul tampilan diatas carilah menu file manger, dan saat terbuka pilihlah public_html, disinilah file web anda akan diletakan, klik menu upload dan uploadfile file  web anda .

Jika file cukup banyak compress lah terlebih dahulu dengan format .zip, lalu upload. Setelah itu ekstrak di server. ini adalah salah satu feature yang paling saya suka di cpanel.

Jika anda menggunakan database MySQL, masuklah ke menu MySQL database, dan buatlah nama databasenya, misal webkudb. Biasanya secara otomatis nama database anda dalah username_webkudb;  setelah itu baru masuk ke PHPmyAdmin, import lah script SQL database anda. Langkah terakhir, gantilah file konfigurasi php anda ke database yang baru. Gunakan username serta password hosting anda.

Sebagai contoh, file configurasi php lama anda waku di buat di komputer anda sendiri seperti ini. anggaplah username anda ‘keren01’ dan password ‘rahasia’

<?php

$host=”localhost”; // Host name

$username=”root”; // Mysql username

$password=”root”; // Mysql password

$db_name=”webkudb”; // Database name

// Connect to server and select database.

mysql_connect(“$host”, “$username”, “$password”)or die(“cannot connect”.mysql_error());

?>

Gantilah menjadi

<?php

$host=”localhost”; // Host name

$username=”keren01″; // Mysql username

$password=”rahasia; // Mysql password

$db_name=”keren01_webkudb”; // Database name

// Connect to server and select database.

mysql_connect(“$host”, “$username”, “$password”)or die(“cannot connect”.mysql_error());

?>

Nah langkah terakhir, bukalah website anda.  Seharusnya sekarang website anda sudah tampil dengan benar. Jika ada permasalah misal koneksi ke MySQL error  atau tampilan tidak sempurna, biasanya karena penamaan file anda tidak konsisten. Usahakan memberikan nama dnegan huruf kecil dan tanpa spasi untuk setiap filenya dan pastikan file yang mau dibuka  memang sudah terupload ke  server.  Jika tetap beramasalah, saatnya anda memanfaatkan layanan 24 jam dari webhosting anda :).

Jika anda ingin mencoba cpanel tanpa harus membeli hosting terlebih dahulu, anda bisa mencicipinya di

 http://www.cpanel.net/products/cpanelwhm/try-demo.html

Selamat mencoba.

5 Replies to “Panduan Domain dan Webhosting Untuk Pemula”

  1. Pingback: buy viagra

Tinggalin komentar dong!