Optimasi Website dengan Google Webmaster Tool

homewebmaster

Apa sih Google Webmaster Tools?

Singkatnya, Layanan Google untuk para webmaster/pengelola web agar websitenya ‘Google friendly’. Google friendly mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Google bisa menemukan website anda sehingga website anda bisa muncul di hasil pencarian
  2. Google bisa mendeteksi apakah website anda bermasalah (gagal di akses) atau apakah website anda terkena malware.
  3. Mendeteksi ‘rich snippet’ , potongan code web yang bisa dimunculkan dengan cantik oleh Google (misal rating film, jadwal event, jadwal sholat, nama penulis  dsb)
  4. Memastikan bahwa semua halaman publik website berhasil di akses oleh Google.

Singkatnya silahkan lihat video berikut:

Google webmaster mempunyai banyak fitur didalamnya. Namun, saya akan menuliskan yang penting dan krusial bagi website anda saja. Sisanya bisa anda pelajari sendiri.

Dashboard

homewebmaster
Google webmaster dashboard, kita bisa menambahkan lebih dari satu website kedalam dashboard

Dashboard adalah halaman yang akan menampilkan seluruh website anda. Jika website anda bermasalah maka Google akan memberi tahu anda disini. Masalah yang sering muncul adalah Google gagal mengakses website atau diwebsite anda ada virus/malware.  Gambar diatas menunjukan bahwa website yang saya kelola tidak ada masalah.

Google Crawlr

Agar website anda muncul dihasil pencarian,maka Google harus mengakses website anda terlebih dahulu dan menyimpan ‘cache’ dari website ke server Google. Jika Google mengalami kendala akses website anda maka informasi akan muncul dibagian ini.

Deteksi URL error di Webmasters,
Deteksi URL error di Webmasters

Sitemap

sitemap

Google bisa mendapatkan website anda dan akan mengambil seluruh artikel tanpa anda minta sekalipun. Namun, kadang google gagal mendapatkan halaman website karena tidak ada petunjuk dari website tersebut tentang isi dari website. Agar Google bisa mengakses seluruh titik di website, maka kita perlu membuat sitemap. Sitemap adalah file xml yang berisi seluruh link didalam website tersebut. Jika anda belum tahu cara membuatnya, gunakan kata kunci “How to make  a sitemap” di Google. Sitemap akan memberi tahu Google seluruh link dan artikel yang ada diwebsite, hal ini jelas dan pasti halaman di sitemap akan terindex oleh Google.

Lihat gambar diatas, saya mensubmit sitemap dengan 305 link dan Google sukses mengindex semuanya. Keren kan?

Search Traffic

Search Traffuc
Search Traffic

Dari semua fitur Webmaster, bagianini adalah yang paling Cool. Tampak dari grafik Top query, Google menampilkan 90000 kali halaman website candra.web.id dalam pencarian. Dalam kasus ini , 90000 kali dalam waktu satu bulan (tanggal tidak tampak di screenshoot). dalam periode itu, User mengklik 15000x yang artinya 1 dari 6 orang yang melakukan pencarian membuka halaman website candra.web.id. Cool hah.

Inilah inti dari Google Webmaster. Kita bisa tahu dengan data fakta yang jelas, berapa kali website kita muncul di pencarian dan berapa kali user mengkliknya. Saya yakin, pengelola website masih banyak yang tidak peduli atau tidak ahu dengan tool ini.

Semoga informasi diatas bermanfaat; Buruan Analisa website kamu di Google Webmasters sekarang!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

7 thoughts on “Optimasi Website dengan Google Webmaster Tool”

Tinggalin komentar dong!