Metode Pengetesan Mobile Web

Opera dan iPhone Simulator

Trend mobile web dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini tentunya hal menggemberikan terutama untuk para developer web. Namun, Walaupun Web adalah platfrom yang terbuka dimana Aplikasi web bisa di askes di sembarang browser, tidak demikian dengan Mobile web. Ini bisa dimaklumi mengingat kemampuan browser di gadget sangat beragam. Feature phone misalnya, hanya bisa menampilkan website wap/xhtml dasar, sedangkan smartphone seperti iPhone bisa menampilkan website dengan sangat sempurna sedangkan jenis handphone lain berada  berada diantara keduanya.

Dari sini kita tahu bahwa testing di setiap device mobile adalah hal yang tidak boleh diabaikan mengingat mobile browser sangat beragam.  Untuk mengetes fungsionalitas mobile web dan tampilannya maka ada tiga metode yang bisa kita pakai. Metode tersebut adalah teknik pengetesan dengan “Real Device”, Emulator dan yang terakhir menggunakan tool berbasis web (mobile browser simulator di dalam Standar Web Browser). Saya akan menjelaskan plus minus dari ketiga teknik tersebut.

Real Device

Jika anda ingin mengetes web yang anda buat, anda harus mempunyai devicenya, standarnya minimal tiga yaitu Blackberry, Android daniPhone. kelebihan dengan metode ini, anda bisa melihat hasilnya secara pasti. Minusnya jelas anda harus punya anggaran untuk membeli devicenya. repotnya lagi sekarang ditambah lagi ada Bada dan Windows phone, belum termasuk ribuan feature phone yang lain.

Emulator

Teknik kedua ini adalah teknik yang paling umum dipakai oleh para pengembang. Umumnya emulator sudah di bundle dengan SDK, jadi jika anda membuat program dengan Android SDK, maka secara otomatis, emulator akan disertakan. Teknik ini cukup hemat dan cukup efektif namun jika anda ingin mencoba di semua emulator, anda harus mendownload semua emulator dan simulator untuk setiap platform dan menginstallnya di Komputer anda. jika anda ingin mendownload hampir semua jenis emulator yang ada anda bisa mendownloadnya di http://www.mobilexweb.com/emulators. Jika anda mendownload setiap jenis emulator yang ada, anda membutuhkan  25GB. Anda bisa mengetes tampilan web disetiap emulator di komputer anda sendiri.

Browser Based Simulator

Cara ketika ini mungkin cara yang paling simple, gratis dan sangat sederhana. anda cukup membuka website http://www.opera.com/developer/tools/mini/ untuk mengetes tampilan web dengan simulator Opera dan http://www.testiphone.com/ untuk mengetes dengan simulator iPhone. Untuk di indonesia dua simulator ini sudah cukup untuk mengetes mobile web yang anda buat tanpa harus keluar biaya. Tidak perlu lagi beli hardware atau repot mendownload dan menginstall emulator satu persatu. Namun bukan berarti ga ada kekuranganya. Untuk mencoba simulator ini anda harus meghosting dulu mobile web nya . Browser based simulator tidak bisa melakukan pengujian localhost untuk website yang sedang anda buat.

 

Opera dan iPhone Simulator

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!