Mesin Pencari untuk Programmer

ohloh

Sebagai seorang programer atau developer, mencari solusi coding adalah kebutuhan sehari hari. Selain mencari solusi coding, kadang seorang programer/web desainer juga butuh icon, gambar ilustrasi atau sound /mp3 yang sifatnya free. Nah, sekarang kita tahu bahwa tidak setiap hasil pencarian di Google bersifat free, kadang gambar atau code yang anda temukan itu punya hak cipta dan tidak bisa dipakai di software yang kita buat. Solusinya? Gunakan mesin pencari yang sifatnya khusus dan spesialis untuk melakukan pencarian yang berhubungan dengan kerja programmer atau desainer.

Berikut ini adalah mesin pencari yang bisa dipakai oleh programer, developer, web desainer, coder yang saya yakin 1000% akan memudahkan hidup anda sebagai seorang programer.

1. Mesin pencari Code Program free

Salahsatu mesin pencari code yang cukup populer adalah http://code.ohloh.net.  ohloh bisa mencari berdasarkan bahasa pemrograman, fungsi, metode, nama kelas ata nama filenya. Yang lebih penting, code yang anda dapatkan bersifat opensource sehingga bisa anda pakai di proyek anda.

ohloh
Tampilan mesin pencari code Ohloh

2.  Mesin pencari Proyek Open source

Untuk mesin pencari jenis ini, tidak ada yang sifatnya universal, namun anda bisa mencoba beberapa website berikut :

  1. code.google.com
  2. github.com
  3. sf.net
  4. freecode.com
  5. codeplex.com

Catatan penting disini, semua website diatas, kecuali freecode.com menyediakan layanan hosting untuk proyek opensource. Di masing masing website tersebut berisi Ratusan Ribu Proyek, catat ya RATUSAN RIBU PROYEK OPEN SOURCE!. pertanyaan selanjutnya, kenapa ya mahasiswa yang mau tugas akhir selalu kehabisan ide? coba sekali kali rekreasi ke 5 website diatas dan coba ketikan topik yang anda suka, misalkan anda ke github dan ketikan Android, pasti anda akan kaget karena ada ratusan bahkan ribuan proyek opensource yang bisa anda download gratis dan bisa anda pelajari codenya sebagai pondasi penelitian.

pencarian di github
pencarian di github

3. Mesin pencari Gambar dan suara Free (CC-BY)

Sebagai seorang programer, pastinya sedikit banyak anda butuh gambar ilustrasi, background, header dan sebagainya. Bisa sih anda buat sendiri, namun kalau waktunya mepet, kenapa tidak cari saja gambar free di internet? Catatan penting disini, gambar free adalah gambar yang berlisensi (CC-BY). Intinya tidak setiap hasil pencarian Google image itu free. jadi kenapa tidak langsung ke mesin pencari free saja?

Gunakan mesin pencari search.creativecommons.org. Mesin pencari CC ini sebenarnya lebih tepat disebut Meta-search engine karena tidak punya database gambar sendiri. Mesin pencari ini akan mencari di Google Image, Flickr, wikimedia dan beberapa sumber lain yang sudah pasti gambar boleh dipakai, bahkan dipakai untuk komersial sekalipun. Catatan tambahan, walaupun saya menyebutnya mesin pencari gambar yang free, namun mesin ini juga bisa melakukan music dan Video yang sifatnya free juga.

Screenshot_2
Mesin pencari CC bisa mencari gambar, suara dan video yang sifatnya free

Selain mesin pencari Commoncreative, ada dua tambahan mesin pencari kategori ini yaitu iconfinder.com dan soundjax.com. Iconfinder bisa melakukan pencarian untuk icon yang free atau berbayar. Sounjax sendiri adalah mesin pencari khusus untuk audio yang sering dipakai buat game. Suara seperti tembakan, lolongan anjing, bunyi dering dan sebagainya tersedia secara gratis disini. Format yang disediakan adalah wav dan mp3, Jika anda programer Game atau Flash, pasti suka dengan mesin pencari ini.

4. Mesin pencari solusi pemrograman

Sebelum lebih jauh, anggaplah anda mempunyai masalah pemrograman ” menampilkan data sqlite di listview android?” nah coba ubah kalimat ini menjadi ” show data from sqlite to listview android” dan lakukan pencarian di Google.  Berikut ini adalah hasil pencarian yang saya lakukan.

Screenshot_3

Ternyata, hasil pencarian muncul selalu didapat dari satu sumber yaitu “Stackoverflow.com“. Nah kalau begitu, kenapa tidak langsung mencari di stackoverflow saja? Stackoverflow adalah forum coding terbesar di internet untuk semua bahasa pemrograman. Perbedaannya dengan forum lain, Stackoverflow menampilkan jawaban terbaik selalu dipaling atas . Artinya anda tidak perlu waktu lama untuk menemukan solusi dan mengkopas potongan code solusi dari masalah anda. Daripada tanya Google, mending tanya saja langsung ke stackoverflow , berikut ini adalah tampilan hasil pencarian di stackoverflow.

overflow

Kesimpulannya, “CARILAH SOLUSI PEMROGRAMAN di STACK OVERFLOW”. TITIK. Hapy coding and searching!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Mesin Pencari untuk Programmer”

  1. Yang terakhir bener banget Mas Candra.. :D
    Kemarin saya pernah search di google tentang coding, yang sering muncul halaman stackoverflow..
    Jadi mending langsung kesana aja yaa!

    Saya bookmark deh nih, referensinya cocok untuk pemula seperti saya..

Tinggalin komentar dong!