CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Menunggu Matinya StartUp Lokal Indonesia

Jika anda perhatikan judul diatas, terasa ada pesimisme yang disampaikan oleh saya, bener ga? Tapi mari kita cek satu satu bagaimana bisa bisnis stratup di Indonesia akan bubble seperti balon lalu meledak dan bang! history repeat it  selft.

uangstartp

artikel ini merupakan bagian pertama dari 3 artikel dengan topik startup .

  1. menunggu matinya startup lokal di indonesia
  2. Stop Membangun Website Startup pasaran
  3. Mau bangun startup? Berpikirlah diluar kotak.

Fenomena startup ini mirip dengan dot-com buble di tahun 2000-2001. Di era itu, website menjamur dan akhirnya satu satu website down dan hanya meninggalkan website website berkualitas. Yah, seperti itulah seleksi alam. Hal ini sekarang sudah erjadi di era startup.

Mengapa mati?

Jika anda perhatikan, direktori startup lokal http://startuplokal.org ada ratusan website yang mengklaim website mereka adalah startup. Namun setelah di cek sebagian websitenya down, sebagian tidak terutus dan sebagian hanya blog yang di hosting di blogger atau wordpress yang isinya hanya berita asal comot dari berbagai sumber. Pertanyaannya? apakah itu startup?  apa layak di sebut startup?

Saya yakin para penggiat startup akan marah ketika membaca artikel ini, tapi WTF man! kita berbicara real aja deh. Startuplokal yang berisi direktori startup ternyata tidak ada batasan yang jelas apa yang disebut website startup. Sejauh ini saya perhatikan, sebagian websitenya justru malah spam apalagi dibagian upcoming startup.  Apakah sebuah blog berita bisa disebut startup? apakah website komunitas bisa disebut startup? apakah toko online biasa bisa disebut startup? Sebelum lebih jauh, mari kita tinjau pengertian startup dari wikipedia.

sebuah perusahaan startup atau startup adalah sebuah perusahaan, kemitraan, atau organisasi sementara yang dirancang untuk mencari sebuah model bisnis yang berulang dan terukur.  Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, berada dalam tahap penelitian dan pengembangan pasar

sekarang perhatikan kalimat diatas, startup adalah perusahaan, nah apakah seseorang yang membuat blog disebut sebuah startup? Mencari model bisnis? Startup itu mencari model bisnis baru yang berulang dan terukur, sekarang sebuah blog dengan mengandalkan adsense? apakah itu sebuah startup? apa model bisnis baru yang ditawarkan? “Tahap penelitian dan pengembangan pasar” CATAT: TAHAP PENELITIAN, dari puluhan website di startup lokal yang ngaku startup, hanya sedikit yang mempunyai ide orisinal, kebanyakan hanya website yang dibangun dengan blogger, joomla, dan CMS yang lain dan tidak ada “Faktor” penelitian didalamnya. Bandingkan dengan startup sukses seperti dropbox. drobpox itu pionir sinkronisasi dan penyimpanan data yang mengilangkan konsep upload download manual? Bagaimana dengan startup di indonesia? Yah ente dah tau bagaimana realitasnya deh!

pengembangan pasar! perhatikan kembali dan renungkan kata ini,  Dari puluhan website yang saya kunjungi yang terdata di startuplokal.org,  mana pengembangan pasarnya? contohnya adalah fupei.com.  saya memilih fupei karena ratingnya tinggi di startuplokal.org dan sudah cukup lama.  pertama kali masuk websitenya anda disodori halaman login, mau pakai twitter akun atau facebook akun? CRAP, tidak ada penjelasan untuk apa website ini, apa layanannya! Ini website apa?

Anda tebak startup apa ini?

Anda tebak startup apa ini?

Setelah masuk, didalamnya hanya berisi update seperti twitter atau facebook, terus bedanya apa? lokal gitu? tidak ada sisi menarik dan sisi bisnis dari Fupei.com. (semoga si pemilik website ini marah marah di komentar). saya sendiri mengecek di alexa rangking website ini di rangking 1,2 jutaan tingkat dunia  dan di indonesia rangking 40ribuan. Bandingkan dengan website ini yang hanya sebuah blog , blog ini rangking 380.000 di alexa untuk rangking dunia dan rangking 10.000 an di indonesia. Saya sudah mengukur bahwa rata rata pengunjung harian mencapai 500 unik visitor dan hit 1000-an page. jika kita menggunakan perangkingan alexa sebagai patokan, hampir bisa dipastikan bahwa fupei yang startup ini dikunjungi kurang dari 500 orang perhari. Mungkin sekitar 200-an.

Ya,  sebagian anda pasti akan bilang “Dasar douchebag” cuma bisa ngeritik doang! hahaha..santai bro, bukankan kritikan itu yang membuat kita maju?  ini memang kekecewaan saya dengan pola startup  hangat hangat tai ayam seperti dotcom bubble di era 2000-an.

Tahun lalu saya ikut acara bancakan 2.0 di jogjakarta. Intinya bagaimana menghidupkan startup di jogja. Kira kira apa isinya? Iklan dari Microsoft dan layanan cloud local yang kerjasama dengan microsoft. CRAP, ini event startup apa event jualan?

Pola startup

Startup umumnya hanya sebuah website dan sebagian startup di indonesia membuat Game/atau alikasi mobile untuk android atau iOS.   Selanjutnya saya akan membahas kategori startup lokal di indonesia.

Startup di website startuplokal.org dkelompokan menjadi  beberapa kategori, yang pertama adalah aggregator berupa website yang mengumpulkan link/website /update twitter kedalam website baru untuk sebuah topik. Contoh dari website seperti ini adalah ceritakota.com; ini milik teman saya.

Tipe kedua adalah tipe news. mirip seperti detik.com dengan berbagai tipe berita yang saya yakin 90 copas dari website lain, salah satunya yang terdata disana adalahhttp://www.fiktur.com/. website yang dibangun dengan blogger ini memberikan banyak tips dan berita. Namun, dimana sisi startupnya? dimana sisi bisnisnya? apa yang baru disana/ GA ADA, lebih mirip blogger nyampah dan copas.

Ada juga teknojurnal.com, website ini lebih tepat saya sebut cloning dari Techcrunch dan tampilannya mirip banget dengan thenextweb.com, dua website ‘teknologi news’ yang cukup populer di internet. Namun artikel di teknojurnal juga sebagian ‘translate’ dari berita luar negeri dan sebagian berita lokal. Dalam websitenya teknojurnal per december 2012 di kunjungi oleh 58.899 unik visitor dan 77.904 pageview, artinya dalam sehari rata rata ada 2000 unik visitor dan rangking 5500 di indonesia. Tapi untuk mendapatkan hasil diatas, teknojurnal benar benar serius menggarap websitenya, mereka kerja team. Nah, jika website teknojurnal aja ‘hanya’ mendapatkan 2000 unik visitor padahal sering banget update, Bagiamana dengan website ‘startup’ yang hanya dikelola sekenanya, termasuk yang saya kritik adalah startuplokal.org yang dibagian startup showcasenya berisi blog, deadlink dan spam. Inilah yang membuat saya yakin makin dekat saja kematian generasi startup.

Kategori ketiga adalah tipe forum. Mirip dengan kaskus tapi biasanya khusus untuk komunitas tertentu ; contohnya adalah http://forumukm.com/. ini forum biasa, tidak ada nilai plus disini.

Tipe selanjutnya adala jejaring social , contohnya adalah http://travlogue.com/index.php. ini website jejaring social untuk para traveler; namun membangun startup yang hanya meniru website jejaring yang sudah ada tentunya bukanlah inovoasi. Rangking website ini hanya 1.9 jutaan dan terlihat tidak terurus. 

Startup ini cukup bagus dan prospektif sebenarnya, tapi saya lihat pengunjungnya ga ada. info terakhir di update dcember tahun lalu. ini menunjukan kalau startup di indonesia memang kolaps, benatar lagi mati. siapa yang mau mengingkari ok, mari kita lihat fakta di lapangan.

Kita lihat lebih jauh lagi? darimana para startup ini bisa hidup? menggandalkan investor dengan nilai dolar? Mimpi kale. satusatunya  yang  startup berhasil adaah koprol yang dibeli oleh Yahoo!. sayangnya setelah restrukturisasi,  akhirnya koprol di depak dari Yahoo. Tapi boleh dibilang inilah startup yang cukup sukses walapun cuman sebentar.

Pada kategeori selanjutnya ada direktori. salah satunya adalah http://t4nya.com. berisi informasi GIS diseluruh kota di indonesia. Dan inilah yang saya sebut ada nilai startupnya. dia membuat layanan peta lokasi fasilitas umum seperti pariwisata, atau kantor penting seperti kantor polisi. Siapa yang mengiisi info lokasi ? yang mengisi adalah para pegunjung; mirip dengan wikipedia. Cukup bagus tapi apakah ini sukses ? apakah bisa mendatangkan profit? website ini rangkin 1.6 juta di dunia dan rangking 90.000 ribuan di indonesia. jika saya kira kira, maka pengunjung perhari (Unik visitor) berkisar antara 100-200 orang.

untuk kategori ecommerce ga ada yangbaru disini. Saya lebih seneng menyebutnya bukan sebagai startup, tapi TOKO online biasa, contohnya  http://bursamuslim.com/. Website ini menjadi rangking 4000 di Indonesia merupakan hal yang luar biasa. saya memperkirakan ada lebih dari 1000 unik visitor perhari yang mengunjungi website ini. Inilah yagn namanya usaha, Ada produk real, bukan menjual data user ke pengiklan.

SO WHAT? or WHAT NEXT?

dengan melihat kenyataan diatas, maka sudah hampir pasti sebentar lagi startup lokal akan runtuh dan mati. Mengapa mereka mati? karena mereka tidak berinovasi. tidak ada nilai plus dan tidak ada yang unik. sebagian hanya proyek sampingan dan sebagian yang lain hanya tidak punya usaha yang real. Dipenutup saya beri sedikit saran jika ingin membuat startup. BUatlah USAHA YANG REAL dan JANGAN MIMPI KAYA MENDADAK karena dapat founding. sekali lagi itu itu hanya MIMPI!

Jadilah startup seperti gantibaju.com yang menjual baju, itujelas ada layanan yang d jual, bukan hanya menjadi webiste yang hidup sekali lalu –tak lama kemudian–  mati dan tak berarti.

Artikel lanjutan akan membahas, TIpe tipe website yang JANGAN ANDA BANGUN. mengapa? memang tidak ada larangan membuat website, tapi untuk website startup model web2.0 sudah tidak lagi layak untuk dibangun saat ini.  Intinya jika anda punya ide seperti ini :

“Wah saya ingin membuat jejaring seperti facebook, tapi bedanya….!”

STOP STOP STOP! jangan buat internet tambah semrawut, jika anda ingin sukses dalam startup jangan pernah berpikir seperti diatas, anda hanya follower, bukan trendsetter, dan saya jamin 99% jika anda mengeksekusi ide anda tadi, hasilnya hangat hangat tahi ayam. Saya akan lanjutkan diposting selanjutnya. Maaf sebelumnya jika saya blak blakan, hal ini saya lakukan biar enterprenur muda dan mahasiswa tidak mimpi siang bolong  kaya mendadak dapat founding dari Angel Investor    untuk sebuah layanan yang tidak cocok disebut startup  jika kita kembali mengacu ke pengertian di wikipedia.

Saya sambung di artikel selanjutnya…..