Mengukur Performa & SEO website dengan Hubspot

marketgrader

Apa itu Marketing grader?

Marketing grader adalah tool untuk menganalisa website  dari sisi pemasaran online. Tool ini akan mengecek apakah di website ada blog  atau berita yang terus menerus diupdate. apakah website kita mempunyai Facebook page dan twitter akun.  Selain itu, Marketing grader akan melihat lead Generation (form seperti contact, form pebelian, promosi), mengecek SEO dan yang terakhir mengecek apakah website mempunyai  halaman mobile web.

Untuk mengecek status website anda, cukup buka halaman http://marketing.grader.com. Anda cukup memasukan nama website dan email.  Agar lebih mudah, saya akan memberikan contoh dengan candra.web.id (lihat gambar dibawah ini).

marketgrader
Hasil pengukuran marketing grade

terlihat bahwa point candra.web.id adalah 76/100 point. Point penting dari penilaian ini saya jelaskan dibawah ini.

Blog

Website yang bagus mempunyai berita atau blog yang terus menerus diupdate. Semakin sering sebuah website diupdate, maka akan semakin tinggi kualitasnya, minimal membuat marketing berjalan terus menerus. Menurut website ini, perusahaan yang mempunyai blog akan meningkatkan jumlah pengunjung sampai 50%. Mempunyai blog saja tidak cukup, berikut ini adalah tip yang bisa kita pakai agar website kita makin sering dukunjungi

  1. Buat RSS Feed, tujuannya agar user bisa membaca berita  di RSS reader.
  2.  tambahkan tombol share Seperti Twitter, Facebook atau Google+
  3. Tambahkan Email subscription dan Facebook page.

Social media

Jejaring social dimata para pengelola web atau orang orang pemasaran hanyalah kepanjangan tangan dari cara pemasaran yang sudah ada. Jika dulu, hanya menggunakan iklan koran, reklame, Radio dan TV, sekarang merambah ke internet dengan Jejaring social. Disarankan buatlah akun twitter dan Facebook Page lalu tampilkan di halaman website . User bisa memilih apakah dia akan memfolow kita lwewat twiter atau facebook.

SEO

Bagian ini sebenarnya sudah cukup pasaran, tapi tetap saya bahas. berikut ini adalah 3 point penting yang dianalisa

  1. pastikan setiap gambar mempunyai alt tag. Dengan menggunakan alt tag, walaupun gambar tidak bisa ditampilkank, namun user tetap bisa mengerti isi gambar.
  2. Buatlah judul yang unik di masing masing artikel
  3. Buat artikel orisinal dan jangan copas artikel orang lain

Lead generation

Salah satu hal yang paling dasar untuk menganalisa penunjung adalah dengan cara memasang Analytic tool. TOol ini tugasnya mengumpulkan informasi seputar user. Informasi yang dianalisa adalah artikel apa yang paling sering diakses, berapa kunjungan perhari, Browser apa yang dipakai dan darimana user mengakses . Mudahnya install Google analytics atau WordPress stat.

Hal lain yang disarankan diwebsite ini, buatlah landing page dihalaman. Misal landing page berisi info untuk langgan, like facebook atau follow twitter. Landing page juga bisa berisi link promosi atau diskon. Cara ini akan meningkatkan promosi website ini. Catatan penting disini: gunakan Landing page secara bijak dan tidak menggangu user. Cara yang paling bijak adalah menampilkan landing page hanya untuk user yang betah di website. Website mengecek sudah berapa lama user membaca artikel, misalkan user membaca lebih dari 5 menit, baru muncul landing page apakah ingin berlangganan, atau apakah ingin memunculkan halaman promosi.

Mobile

saat ini lebih dari 20% pengunjung web mangakses website lewat tablet atau smartphone. mempunyai halaman mobile sangat disaranan. Cara sederhana adalah menggunakan @media query dan view metaport . Dua hal ini adalah pondasi dasar dari responsive web desain. Intinya jika anda bingung, pakailah thema website yang responsive. Responsive artinya layout web akan beradaptasi dengan ukuran layar si pengakses. Jika anda pemakai wordpress cukup ketik “Responsive wordpress thema”. Untuk website umum, carilah template website dengan kata kunci “Responsive website template”.

5 point diatas jika anda perhatikan,maka akan meningkatkan pengunjung websie anda, yang artinya produk dan layanan anda makin dikenal. Website ini tidak hanya menganalisa website anda, namun juga memberikan saran untuk meingkatkan kualitas website dihalaman detail penilaiannya. Selain itu, website ini memberikan tutorial tentang pemasaran website di http://academy.hubspot.com. Sekian, Selamat mencoba!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!