Mengoptimalkan help manual di Linux konsole

Sebelumnya sudah kita bahas tentang perintah untuk menampilkan informasi jaringan di linux. Sebenarnya masih banyak perintah linux yang belum kita eksplorasi. Jika mau dihitung bukan hanya ada ratusan, tapi ribuan perintah ada di konsole linux. jadi, jika selama ini anda memakai Desktop linux, anda hanya memanfaatkan kurang dari 10% kemampuan linux sesungguhnya.

Banyaknya perintah dilinux juga kadang membuat bingung para pemula yang sedang belajar. Sebagian menghafal perintah dan sebagian lagi menyerah dengan banyaknya perintah dilinux. Agar anda tidak mudah menyerah karena banyaknya perintah. Disini akan saya tunjukan bagaimana mengoptimalkan help di linux konsole secara mudah dan praktis. Help yang akan saya bahas tidak terbatas pada perintah man dan info saja, namun semua opsi help yang ad. Masih banyak help tersembunyi yang akan memudahkan hidup anda jika anda mampu mengeklporasi linux. Agar lebih mudah diikuti, ceritanya disini kita akan meminta bantuan tentang perintah ifconfig dan perintah jaringan secara umum. Cekidot langsung gan!

manual dan Info

manual dan info adalah help standar di linux manapun, bahkan termasuk keluarga Unix dan BSD menggunakan manual yang sama dengan linux. Sebagai contoh saya akan menampilkan manual tentang ifconfig.

IFCONFIG(8)                Linux Programmer's Manual               IFCONFIG(8)

NAME
       ifconfig - configure a network interface

SYNOPSIS
       ifconfig [-v] [-a] [-s] [interface]
       ifconfig [-v] interface [aftype] options | address ...
....
....
AUTHORS
       Fred N. van Kempen, 
       Alan Cox, 
       Phil Blundell, 
       Andi Kleen
       Bernd Eckenfels, 

net-tools                       2007-12-02                     IFCONFIG(8)


manual tersusun secara rapih dari deskripsinya, ringkasan cara pemakaian, parameter perintah, file konfigurasi sebuah perintah dan perintah terkait. Sayanngya perintah manual ini terkesan formal dan kaku dan tidak ada penjelasan cara pemakain paraktisnya. Walapun demikian, anda harus menjadikan manual sebagai rujukan pertama.

info tidak jauh berbeda dengan manual, perbedaan mendasar antara info dan manual adalah bagaimana cara merepresentasikan dokumen help. manual selalu ada untuk setiap perintah dilinux sedangkan info hanya ada untuk perintah konsole yang bersumber dari proyek GNU. ifconfig sendiri tidak punya help dalam format info. Jika anda mencoba menggunakan perintah info ifconfig maka yang ditampilkan adalah halaman manual ifconfig, sama peris dengan perintah man ifconfig.

Whatis

Whatis adalah perintah yang akan menampilkan deskripsi perintah secara singkat.
formatnya whatis command

candra@candra-ubuntu:~$ whatis ifconfig
ifconfig (8)         - configure a network interface

whereis

Whereis berfungsi untuk menampilkan lokasi dari sebuah perintah

candra@candra-ubuntu:~$ whereis ifconfig
ifconfig: /sbin/ifconfig /usr/share/man/man8/ifconfig.8.gz

whereis akan menunjukan letak file perintah dan letak manualnya.

apropos

apropos berfungsi untuk menampilkan informasi yang tentang perintah untuk kategori tertentu di linux. sebagai contoh jika kita ingin menampilkan semua perintah yang berhubungan dengan “network” maka gunakan perintah apropos network

candra@candra-ubuntu:~$ apropos network
interfaces (5)       - network interface configuration for ifup and ifdown
aseqnet (1)          - ALSA sequencer connectors over network
avahi-autoipd (8)    - IPv4LL network address configuration daemon
dhclient-script (8)  - DHCP client network configuration script
...
...
traceroute6.db (1)   - print the route packets trace to network host
traceroute6.iputils (8) - traces path to a network host
wget (1)             - The non-interactive network downloader.
X (7)                - a portable, network-transparent window system

Internal help

sebagian besar perintah di linux punya help internal yang menempel di perintah itu sendiri. Cara menampilkannya dengan menggunakan pola perintah command -h atau command --help

candra@candra-ubuntu:~$ ifconfig --help
Usage:
  ifconfig [-a] [-v] [-s]  [[] 
] ...

kebanyakan internal help ini berisi cara penggunaannya.

melihat dokumentasi resmi paket

Jika anda ingin membaca dokumentasi sebuah paket sofware dilinux, anda bisa membuka folder /usr/share/doc/. Kebanyakan isinya adalah INSTALL.txt berisi perintah cara install,README.txt berisi penjelasan singkat tentang paket dan Changelog.txt berisi perubahan dari versi ke versi selanjutnya.

Melihat seluruh perintah

cara termudah untuk melihat seluruh perintah yang ada di linux dengan mengetikan sebuah huruf dan tekan tab dua kali secara cepat. sebagai contoh, berikut ini adalah semua perintah yang dimulai dengan huruf z

candra@candra-ubuntu:/usr/share/doc$ z <-- tekan z lalu tekan tab 2 kali secara cepat. 
zcat               zfgrep             zipnote
zcmp               zforce             zipsplit
zdiff              zgrep              zjsdecode
zdump              zic                zless
zegrep             zip/               zlib-flate
zeitgeist-daemon   zipcloak           zmore
zeitgeist-datahub/ zipgrep            znew
zenity/            zipinfo            zsoelim

Anda bisa mencoba untuk huruf yang lain. defaultnya ,sebuah sistem linux ada sekitar 1000 perintah jika di install secara minimal dan ada lebih dari 3000 perintah jika linux di install secara penuh. Coba anda hafal tuh ribuan perintah, mabok kan? makanya jangan dihafal, tapi dimengerti. Tip selanjutnya,coba setiap hari mencoba 10 perintah baru di linux. jika anda lakukan secara bertahap dan konsisten, anda HANYA perlu waktu sekitar 1 tahun untuk memahami seluruh perintahnya ..nah sampai sini tambah mabok ga?

ingat ya, ikuti tips diatas dan sekali lagi jangan mencoba menghafal, tapi berusaha mengerti dan memahami. selamat belajar!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Mengoptimalkan help manual di Linux konsole”

  1. makakasih nih buat infonya bang. saya baru belajar jg linux.sekarang lagi coba buat jaringan sendiri yang sederhana client sever pakai virtualbox. saya penggemar di blog anda. tulisannya santai dan mudah dipahami.

    see you. tambah lagi dong tulisan ny tentang linux. thanks ya.

Tinggalin komentar dong!