Salah satu mimpi dari seorang blogger adalah mendapatkan pasive income dari Google AdSense. Sayangnya ketika mereka benar benar terjun kelapangan dan mempraktekan teori yang didapat dari acara seminar/workshop ataupun dari Buku dan Website seputar adsense, ternyata hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Bahkan untuk mendapatkan pembayaran pertama (100 USD)  dari Google bisa nunggu sampai berbulan-bulan bahkan diatas satu tahun. Itulah mengapa kita perlu memahami bagaimana caranya Google menghitung komisi buat kita dan Faktor apa yang mempengaruhi perhitungan tersebut.

Rumus dan Istilah

Artikel ini tidak akan membahas tentang tips trik menaikan pendapatan adsense, artikel ini hanya fokus pada cara menghitung perkiraan pendapatan kita di akhir bulan untuk iklan CPC Bid  (Bentuk iklan yang dibayar jika pengunjung website mengklik iklan yang tayang di website)  yang mempunyai 3 faktor yaitu Page Impression, CPC (Cost Per Click) dan CTR (Cost Trough rate)

Sebenarnya ada bentuk Bid Type yang lain seperti Views atau Match Content, tapi setahu saya komponen CPC Bid ini merupakan porsi pendapatan adsense paling tinggi (sekitar 80-90%). Jadi bisa saja nanti pendapatan anda sedikit lebih tinggi dari perhitungan ini. Total perkiraan pendapatan semua jenis type Bid, bisa anda lihat di menu Overview di Dasboard Adsense pada menu Performance Report.

Berikut penjelasannya masing masing

Page Impression  jumlah iklan yang muncul di halaman web anda. Jika satu halaman ada 3 iklan, tetap saja Google menghitung sebagai 1 Page Impression. Page  Impression tidak sama dengan Page View Website. Page Impression hanya menghitung pageview yang menampilkan iklan saja. Jadi biasanya lebih rendah dari Page View (hit) di statistik web anda.

CPC (Cost per Klik) adalah Rata rata dollar yang anda dapat untuk satu klik dalam satu periode (misal perbulan).

CTR (Click Trought Rate) Jumlah Click dibagi Jumlah Page Impression.

Rumus untuk menghitung perkiraan pendapatan 

Rumus Menghitung Pendapatan Adsense
Earnings = (Page CTR/100) * Total Page Impression * CPC

Melihat Komponen Earning

Untuk mendapatkan Page Impression, CPC dan CTR anda bisa melihatnya di Dashboard AdSense menu Performance Report ->My Report -> Default Report. Lalu klik tab Click.  Untuk mudahnya pilih dulu di pojok kanan atas pilih laporan ” Last Month“.  jadi kita ingin melihat perkiraan pendapatan perbulan dari Adsense Dengan tipe iklan CPC Bid.

Dalam contoh ini berarti Page Impressionnya 67.899, CTR nya 0.41% dan CPC nya 0.03 USD. Kalau kita hitung pakai rumus tadi hasilnya 8.35 USD . ga jauh meleset dari yang muncul di layar yaitu 8.71 USD). Ingat loh ini semua masih estimasi. degan pageImpression 67899 perbulan maka  Page Impression harus berada pada kisaran 2260 perhari. Jadi memang tidak gampang mencari uang di adsense.

Tool hitung pendapatan Adsense

Jika anda bingung dengan rumus diatas, ada beberapa website yang menawarkan tool untuk menghitung perkiraan pendapatan anda diantaranya:

  1. Adsense Earning Calculator (http://arwebzone.com/adsense-earnings-calculator/)
  2. Google Asdsense Calculator (https://www.miniwebtool.com/google-adsense-calculator/)
  3. Adsense Calculator (https://smallseotools.com/adsense-calculator/)

Selamat mencoba!