Mengenal Teknologi Web (part 4 Final)

dengan CSS framework Metro UI, membuat halaman web seperti win8 menjadi sangat mudah.

Ini adalah bagian terakhir dari artikel mengenal teknologi web. Bagian terakhir ini akan membahas beberapa teknologi penting dibalik website.

1. OS server

Saat kita mengunjungi website, pastilah website tersebut menggunakan server. Server untuk website biasanya menggunakan Windows Server, Linux, FreeBSD dan UNIX. Namun sejauh ini, Linux menempati porsi terbesar.

2. Webserver

Webserver adalah sofware yang bertugas menerima permintaan dari client (user) dan memberikan halaman web yang diminta.  3 webserver populer di dunia adalah Apache, NGINX (baca: engine X) dan IIS.

3. Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah salahsatu komponen penting dalam teknologi web. Bahasa pemrograman untuk web yang populer adalah PHP, ASP.Net, JSP/J2EE, Ruby dan Python. Di indonesia sendiri, PHP adalah bahasa pemrograman web paling populer saat ini.

4. Web Framework

Walaupun hanya dengan database server dan sebuah bahasa pemrograman, kita bisa membuat website yang fungsional, namun membuat web dengan cara itu cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama. Karena itulah, muncul teknologi baru bernama Web Framework. Contoh dari teknologi ini adalah Code Igniter (PHP), JSF (Java), Ruby On Rail (Ruby) dan Django (Phyton). Selain yang saya sebutkan, masih ada puluhan web framewok lain yang ada. Anda bisa melihat keseluruhan web framework di http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_web_application_frameworks.

5. CSS Framework

JIka web Framework memudahkan dalam pembuatan Logic Bisnis sebuah website, maka CSS framework akan memudahkan kita dalam membuat desain yang cantik dan modern. Dua CSS framework yang sangat saya rekomendasikan untuk dipelajari adalah Twitter Bootstrap dan Metro UI Framewok.

dengan CSS framework Metro UI, membuat halaman web seperti win8 menjadi sangat mudah.
dengan CSS framework Metro UI, membuat halaman web seperti win8 menjadi sangat mudah.

 

Sebenarnya, masih banyak teknologi web yang lain, artikel ini dan 3 artikel sebelumnya merupakan teknologi yang cukup dominan di web. pertanyaan selanjutnya

  1. Berapa yang anda tahu?
  2. Berapa yang (sudah) anda pelajari?
  3. Berapa yang sudah anda kuasai?

3 pertanyaan diatas semoga menjadi motivasi kita untuk terus belajar web!

 

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!