Apa itu QR Code? 

QRcode merupakan singkatan dari Quick Respone code, Permata kali digunakan di industri otomotive untuk melakukan tracking terhadap komponen kendaraan.  Saat ini, penggunaan barcode dua dimensi ini sudah sangat luas, namun umumnya di pakai untuk mengkodekan alamat website, nomor contact, alamat email, nomor telepon atau sekedar teks biasa.  bentuk QR code bisa anda lihat seperti gambar disamping.

Alat yang digunakan untuk membaca QRCode disebut QR Code Scanner. Umumnya alat ini bukanlah alat terpisah, namun tersedia dalam bentuk aplikasi  di smartphone seperti Android atau iPhone. Tujuan utama QR Code saat ini digunakan untuk memudahkan pengguna Smartphone mengakses informasi dengan dua  langkah mudah, 1. scan QR code,  2 lakukan Aksi. aksi disini bisa berupa membuka browser, menyimpan informasi kontak, atau mendial nomor yang ada di QR code tersebut.


Bagaimana cara membacanya?

Untuk membaca pesan yang tersembunyi di QR Code anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama QR Code scanner yang bertebaran di Android Market atau Appstore. Android sendiri mempunyai banyak sekali tool QR code scanner. Namun dari semua Aplikasi yang tersedia di Android Market, QR Code scanner buatan ZXING Team  lah yang paling bagus kualitasnya. Tampilan dari QR Code scanner bisa dilihat seperti dibawah ini.

Contoh tampilan QR Code scanner. Dalam contoh diatas, Scanner  digunakan untuk mendapatkan QR Code dengan type address book.  User bisa melakukan aksi seperti menyimpan kedalam kontak, melihat lokasi Alamat di Maps, menelpon nomor yang tertera atau mengirimkan informasi kontak tadi lewat email. Keren kan?

Apa manfaatnya?
Manfaat paling utama di smartphone adalah kemudahan dalam mengakses informasi, sebagai contoh, anda mendapatkan kartu nama dari kenalan baru, didalam kartu nama tersebut terdapat berbagai macam informasi seperti no Telepon, alamat rumah,email dan informasi lainnya termasuk QR Code. Ketimbang anda menuliskan satu persatu informasi diatas,cukup scan QR code di kartu nama tadi dan secara magic informasi diatas akan tersimpan, Simple bukan.

 Ketika kita di supermarket, kadang kita ingin membandingkan harga produk di supermarket itu dengan harga yang ada di toko online (misal Amazon) kita cukup scan QR Code di produk tersebut dan lakukan aksi buka browser untuk melakukan pencarian kdoe produk tersebut di internet dan mendapatkan harga pembanding di toko lainnya. Aplikasi yang khusus seperti ini sudah dibuat Google dengan nama Google shopper .

Contoh yang lain, anda melihat sebuah majalah atau surat kabar. ketika  Anda melihat QR code yang tertera di sampul majalah tadi, cukup scan QR code yang ada dan Bingo! anda mendapatkan alamat websitenya, cukup sentuh dan anda langsung berkunjung ke alamat website dari majalah tersebut tanpa mengetikan alamatnya dan tanpa perlu menghafal alamat websitenya.Koran Kompas sendiri juga menerapkan QR code pada artikel artikel yang dirasa cukup menarik, ketika orang membaca koran Kompas dan melihat QR code, orang tersebut bisa menscannya kemudian membaca versi onlinenya, biasa versi online ini sudah di update atau disediakan informasi lanjutnya.

Bagaimana cara membuat QR Code?

Alat pembaca QR code seperti Scanner buatan ZXing sudah menyediakan QR Code generator untuk membuat QR code dari contact, Bookmark (URL), Aplikasi atau teks yang anda ketik sendiri. Cara lain, gunakan QR code generator berbasis Web seperti di  http://qrcode.kaywa.com/. Berikut ini adalah tampilan dari kaywa.com

Sebelum ditutup, coba scan QR code di halaman awal ini dengan smartphone anda? apa isinya?