Mengenal Komponen Thema AdminLTE 3




AdminLTE adalah salahsatu thema bootstrap untuk membuat  halaman Dasboard, Halaman User, Aplikasi web dan berbagai aplikasi pengolahan data lainnya. AdminLTE 3 Adalah salah satu thema gratis yang kualitasnya setara bahkan jauh lebih baik dibanding thema admin yang dijual di Themeforest. Jika anda ingin membuat aplikasi berbasis web, saya sarankan untuk menggunakan thema modern AdminLTE yang sudah berbasis bootstrap versi terbaru saat artikel ini ditulis.

Dibelakang AdminLTE ternyata banyak sekali komponen  yang bisa kita pakai secara mandiri. Mengapa saya membahas komponennya? Alasannya simple kadang kita hanya ingin mengimplementasikan beberapa fitur saja di aplikasi web yang kita buat. Contoh sederhana, untuk validasi form gunakan jQuery validation, menampilkan grafik gunakan chartJS, membuat PDF cukup menggunakan PDFmake dan sebagainya. Komponen ini saya bagi menjadi komponen chart, editor,element form,Ikon,  Tabel, Notifikasi, jQuery Plugin dan komponen pendukung lainnya.

Komponen Chart

  • ChartJS Menampilkan Chart di Web dnegan teknologi HTML5
  • Flot Library chart untuk data data saintifik
  • Sparkline Membuat graik kecil, biasanya di implementasikan dikolom tabel atau di paragraf

Editor

  • Summernote Mengubah textarea menjadi WYSIWYG Editor dan didesain untuk bootstrap

Element Form

Menambahkan fitur Form bawaan HTML dan atau Bawan Bootstrap. Komponen ini membuat aplikasi web anda semakin mudah di isi oleh user.

Icon Pack

Table Grid

Dua library ini fungsinya mempercantik tabel di web dengan menambahkan fitur pencarian , pengurutan dan paging data tanpa perlu kode yang rumit. Sangat bermanfaat apalagi bagi programer php, dengan ini sangat hemat waktu menampilkan data yang sangat banyak, tidak perlu lagi memikirkan implementasi 3 hal diatas.

Notifikasi

Komponan ini digunakan untuk mempercantik tampilan Notifikasi , ringkasnya komponen ini adalah pengganti fungsi alert javascript.

JQuery Plugin

Komponen Lain

Komponen tambahan lain, untuk fungsinya bisa anda cek di masing masing halaman website resminya.

 

semua komponen diatas bisa anda pakai secara independent di aplikasi web yang ingin anda buat. Bagi saya sendiri dari semua komponen diatas, yang paling penting adalah ChartJS, select2, FontAwesome, dataTables, SweetAlert2, JQuery Validation, MomentJS, PDFMake, dan JSZIP.

Ternyata, setelah cukup lama saya vakum dari pemrograman web, teknologi frontend benar benar berkembang sangat pesat yang membuat aplikasi desktop terasa usang dan tergantikan dengan teknologi web.

Related Post