Mengenal Google Web Font API

Sebagai seorang programmer PHP dan sekaligus (terpaksa) sebagai web designnya juga, maka sering kali layout dan tampilan dari website kita akan dikritik oleh client kok tampilannya monoton banget ya? Kenapa font di website tidak sekaya font di Photoshop atau corel draw? dan berbagai pertanyaan lainnya.

Sebenarnya alasan dasarnya sangat simple, hal ini dikarenakan tidak ada jaminan di komputer pengakses web mempunyai font yang ada pada komputer kita. Misal di rumah kita mempunyai font dengan tipe ‘Tangerine’ dengan tampilan menarik dengan Gaya tulisan tangan. Ketika kita membuat website dengan font jenis ini, maka ketika dibuka di komputer yang tidak mempunyai font tersebut maka otomatis web akan ditampilkan dengan font default browser, kalou ga Arial ya times new roman.

Itulah mengapa jumlah pilihan font ketika kita menulis artikel di Blog atau wordpress atau apapun online text editornya font yang muncul  itu itu saja, font seperti Arial, courier new, times new romans, dan verdana adalah jenis font yang hampir pasti ada disetiap komputer apapun OS dan browsernya. Font font diatas disebut juga dengan ‘Web safe font’. 

Tapi apakah memang tidak ada cara menampilkan font jenis lain dan web akan tampil dengan font pilihan kita sendiri? Nah ternyata pertanyaan jenis ini juga dipikirkan oleh raksasa google, makanya sejak beberapa waktu lalu google membuat inisiatif dengan memberikan layanan Web font API  dimana sebagai desainer web kita bisa memilih ratusan font yang bisa dipakai secara aman di web.

Caranya? lihat tutorial singkat dibawah ini

Baris paling penting dalam contoh diatas adalah adalah baris ketiga dimana kita memanfaatkan font API dari Google. baris itu intinya “tolong ambilkan font dengan family tangerine agar website ini bisa ditampilkan dengan jenis font tersebut “.

Penjelasan lengkap bisa dilihat di Quick tutorial  di website nya.Jika anda ingin melihat atau memilih milih jenis fontnya anda bisa langsung masuk ke galerinya di http://www.google.com/webfonts.

Sekedar tambahan, berikut ini adalah 2 paragraf yang menggunakan font sytle ‘tulisan tangan’ dengan memanfaatkan Google Webfonts.

Tinggalin komentar dong!