Mengenal CoffeScript

coffeeScript-logo

Coffescript adalah bahasa pemrograman  sederhana yang hasil compilasinya berupa file javascript.  Mungkin  anda heran, kenapa hasil compilasinya berupa javascript? kenapa ga kita tulis saja javascriptnya secara langsung?. Alasan utama adanya coffescript adalah karena javascript terlalu bertele tele dalam hal syntax. Coffescript menyederhanakan code code javascript sehingga anda lebih hemat waktu saat coding.

Sebagai contoh, lihat perbandingan code Coffescript dengan javascript dibawah ini.

Perbandingan Code Coffescript (kiri) dan javascript (kanan)

Format file

Coffescript menggunakan ektensi .coffe sedangkan hasil compilasinya berekentsi .js.

Sumber belajar

mengingat ini adalah bahasa pemrograman baru, berikut ini sumber belajar untuk lebih mamahami bahasa ini

Official Site

di sini, anda bisa langsung mempelajari coffescript secara interaktif dimana anda bisa langsung mengedit code dan melihat hasil eksekusinya. Selain itu, semua aspek bahasa pemrograman ini juga dibahas dengan contoh yang jelas. Dari definisi variabel,operator  sampai pembuatan fungsi bisa anda pelajari.

coffeescriptcookbook.com

Buku gratis yang bisa anda baca secara online. Cookbook langsung membahas bagaimana membuat script untuk melakukan tugas tertentu. Sangat cocok untuk mencari solusi coding dengan cepat.

litle Book on Coffescript

Buku gratis yang akan membimbing anda dari dasar sampai pembuatan class di coffescript. Cara kompilasi juga dibahas disini.

Smooth Coffescript

Panduan gratis Coffescript dengan interface HTML5.  Coffescript di panduan ini lebih ditekankan ke functional Programming.

Nah sekarang, giliran anda mencoba, sudah saatnya kita beralih ke coffescript agar lebih efektif dalam dalam pembuatan aplikasi web. Met coding!.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!