Mengapa Layanan Peta di Smartphone sangat Penting?

map

Peta adalah layanan utama yang ada di smartphone. Salah satu layanan peta yang paling populer adalah Google maps. Google maps sudah menjadi standar de facto untuk setiap layanan peta berbasis web, desktop atau mobile (Smartphone dan tablet). Tulisan ini saya buat mengingat pentingnya layanan peta di smartphone. Tanpa layanan peta yang berkualitas, layanan yang berhubungan dengan Location based service akan kacau balau. Alasan lain, Google maps bukan satu satunya layanan peta di smartphone, masih ada dua layanan populer yaitu Nokia Maps dan Produk prematur dengan kualitas rendah Apple maps yang baru diluncurkan bersama iPhone5 dan iOS

Fitur Umum Layanan peta di smartphone

Beberapa fitur umum yang ada di layanan peta adalah sebagai berikut:

1. Pencarian lokasi

pencarian lokasi, daerah atau tempat menarik lainnya.

2. Offline map

Layanan peta tanpa harus terkoneksi ke internet

3.  My Location

Mendeteksi lokasi kita saat ini dengan dengan akurat

4. Layanan Penyimpan lokasi (bookmark)

menyimpan lokasi favorit sehingga bisa diakses dengan mudah

5. 3D view

Tampilan peta seakan akan kita berada dipesawat

6. Direction

panduan jalan yang akan dilalui untuk menuju suatu tempat termasuk perhitungan jarak dan waktu tempuh

7. Layer

tampilan item tambahan diatas peta. Dipakai oleh pihak ketiga untuk membuat layanan Location based service. Misal menampilkan foto/icon diatas peta misal iconrumah di situs property.

8. Indoor Maps

menampilkan peta didalam ruang atau gedung umum seperti Mall atau bandara

9. Lokalisasi label

menampilkan label jalan atau daerah. sebagai contoh, kita bisa melihat nama lokasi dijepang dengan huruf kanji atau huruf latin.

10. Location sharing

Berbagi lokasi kita saat ini dengan teman atau keluarga.

11. Turn by Turn navigation

dipakai untuk menuntun kita saat mengendarai mobil.

12. Street view

menampilkan kondisi kanan kiri jalan seakan akan kita sedang melewatinya.

13. Transit

menampilkan informasi jadwal transportasi umum (trem,kereta, bus) di berbagai kota didunia.

14. Traffict Info 

Menampilkan informasi kemacetan

Semua fitur diatas ada di Google maps, sedangkan Apple maps dan Nokia maps jauh dibawah itu sedangkan nokia maps menang dari sisi offline map dan turn by turn navigationnya.  Jika mau digambarkan, kualitas Apple maps sama dengan google maps 5 tahun yang lalu, Apple maps bahkan kalah jauh dibanding Nokia maps yang sudah berpengalaman memberikan layanan peta selama lebih dari 10 tahun.

Perbandingan Antar Layanan peta

berikut ini adalah gambaran ringkas dari layanan Peta di 3 Produk terbaru  yaitu Nokia lumia 920 (Nokia maps) Galaxy SIII (Google maps) dan iPhone 5( Apple maps).

Perbandingan ayanan peta di smartphone
 sumber:http://www.symbiantweet.com/infographic-nokia-maps-vs-apple-maps-vs-google-maps

Perbandingan side by side antara google maps dengan iOS maps bisa dibaca disini .

kepentingan dibalik Bisnis Maps

Tingkat kepentingan bisnis dilayanan peta sangatlah besar , berikut ini akan kita lihat tingkat kepentingan masing masing pihak dibalik bisnis menggiurkan layanan peta dari level penyedia layanan maps, Operator, Produsen smarphone, Bisnis Otomotif, Pemilik Bisnis (hotel, restoran), Mobile developer (Programmer) dan yang terakhir adalah user.

Vendor Peta (penyedia layanan)

Google, nokia dan Apple adalah penyedia layanan utama. Tujuan utama dari masing masing vendor adalah agar developer, partner dan user tidak lari dari produk mereka. Hal lain yang lebih penting adalah menghilangkan faktor ketergantungan terhadap pihak lain. Contoh dari hal ini adalah Apple maps yang sebelumnya menggunakan google maps. Selain itu, bisnis iklan dengan basis Location based service terus meningkat. Kue iklan juga menjadi hal utama (terutama google maps) mengingat iklan yang berdasar lokasi sangat tepat sasaran. Siapa mengontrol peta, dia menguasai pasar iklan. Di sisi lain, integrasi pihak ketiga (baca:ekosistem developer) juga sangat penting. Salah satu hal kenapa android begitu populer adalah karena layanan petanya yang super canggih, Nokia maps juga menjadi andalan di Handphone nokia karena kemampuan offline maps nya yang mengcover diatas seratus negara didunia.

Operator 

Operator berkepentingan agar user tidak lari dan berpindah ke operator lain dengan cara sistem kontrak Smartphone dengan harga murah. Model ini sering dipakai diluar negri, contohnya harga iPhone cuma di bandrol 199 USD (kurang dari 2 juta) namun kontrak user dengan operator minimal 2 tahun. Semakin sering orang memakai peta, semakin tinggi pemakaian internetnya dan semakin besar juga tagihan layanan datanya.

vendor Smartphone

Layanan peta sangat erat kaitannya dengan OS smartphone. Vendor smartphone tentunya memilih OS yang murah  atau free namun layanan dan softwarenya lengkap. Contoh dari hal ini adalah samsung . saat ini Samsung  menjadi raja smartphone telah  menguasai pasar dunia, disusul Apple dan terakhir nokia.

Bisnis Otomotif

Layanan peta dimasa depan sangat erat kaitannya dengan bisnis otomotif. Dimasa depan, mobil sudah sedemikian cerdas sehingga tidak butuh supir. Mobile secara cerdas juga bisa mengatur kecepatan dan menghindari kemacetan. Prototipe proyek ini adalah Google Smart Car yang hari ini telah mendapat ijin dari gubernur california untuk beroperasi di jalan raya. Bisnis otomotif adalah bisnis yang besar dan menggiurkan, Google tahu bahwa peta di smartphone adalah awal dari era baru otomotif. Saat ini baik nokia atau Apple masih belum mengintegrasikannya dengan produk otomotif  (CMIIW).

Pemilik Bisnis

Pemilik bisnis seperti Hotel dan restoran sangat mengandalkan layanan peta untuk menarik calon pelanggan, terutama para wisatan. Sejauh ini Google maps yang paling bagus menawarkan integrasi Point of interest termasuk integrasi review, check in, gallery lokasi plus integrasi telepon langsung dari aplikasi. Apple maps walaupun menawarkan hal yang sama, tapi kualitasnya amburadul bahkan lokasi apple store di Apple maps sendiri salah lokasi , parahnya dah kebangetan.

Mobile Developer

Mobile developer adalah pihak ketiga yang mengintegrasikan layanan peta di smartphone menjadi “something more”,daftar aplikasi canggih berbasis Maps untuk android bisa anda lihat disini. Silahkan coba sendiri. Makin kaya API dari Layanan peta, makin besar komunitas developernya dan makin besar peluang pasarnya.

Anda bisa melihat API yang ditawarkan oleh masing masing penyedia layanan disini

User
Pengguna akhir jelas memilih layanan yang paling lengkap dan paling memudahkan hidupnya, apalagi ditambah layanannya mudah dipakai dan harga  smartphone yang terjangkau. Saat ini kelengkapan itu hanya ada di Android, itulah mengapa android menguasai  smartphone saat ini.

 Pada akhirnya, apapun posisi anda saat ini, Layanan peta telahmenjadi bagian dari hidup pemakai smartphone dan para traveler. Pesan khusu buat para developer mobile, pilihlah layanan yang murah, mudah di integrasikan saat anda membuat aplikasi mobile. Anda sudah tau kira kira pilihan mana yang tepat bukan?. Artikel Selanjutnya akan membahas tentang Google maps API, tunggu saja!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!