CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Memonitor Bandwidth dengan Mudah di Windows

Kemarin seorang teman menanyakan tentang bagaimana memonitor bandiwdth di Windows atau disisi client . mengapa dia bertanya demikian karena adanya keluhan dari client bahwa dia berlangganan bandwidth 256Kbps tapi kok waktu download cuma 30-an KBps nah apakah ada kesalahan seting di sisi bandwidth management? Sekedar info Bandwidth managementnya menggunakan mikrotik.

Sebenarnya dalam perkara diatas tidak ada yang salah, hal ini karena kecepatan yang tertera di Mikrotik menggunakan Kbps sedangkan Browser dan program downloader menggunakan KBps, (b) dlam kbps  artinya bit, dan (B) dalam KBps  artinya Byte.  1 Byte adalah 8 bit, maka kecepatan bandwidth 256kbps di sisi client Maximal akan terlihat 32KBps. Pemahaman ini perlu disampaikan ke client sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dan kerancuan.

Namun, penjelasan saja tidak cukup, maka sudah saat nya kita buktikan dengan tool memonitor bandwidth. Salah satu tool yang sangat bagus yang berjalan di windows adalah Bandwidth Monitor yang bisa di download di  http://www.bwmonitor.com . program ini besifat shareware jadi cuman bisa dipakai 30 hari.  Berikut ini adalah tampilan dari Bandwidth Monitor

Dalam kasus di atas, user sedang mendownload program dengan kecepatan 69.9 KB/s sedangkan dibawah tampilan dari Bandwith monitor dimana bandwidth nya  terukur 630Kbps, kalo dihitung secara kasar maka kalau mau dikonversi bandwidth yang terukur 69.9 kita bulatkan menjadi 70KBps x 8 = 560kbps, nah kok ga sama persis ? ya karena kemungkinan windows menggunakan untuk koneksi yang lain misal update antivirus  atau ada program lain sedang terkoneksi internet.

Nah semoga artikel ini bermanfaat ya…inget  256Kbps=32KBps dan 1Mbit =125KBps !