Membuat Sitemap di WordPress

Sitemap adalah file XML yang berisi semua link yang ada disebuah website. Sitemap ini berfungsi sebagai ‘guide’ untuk mesin pencari saat berkunjung ke website. Dengan sitemap, semua artikel dijamin akan dikunjungi oleh Web Crawler /bot.

Apakah tanpa sitemap website tidak dikunjungi oleh Bot mesin pencari? Tetap di kunjungi namun tidak optimal. Kita kasih gambaran seperti ini, anggaplah anda pergi kesebuah lokasi wisata yang belum pernah anda kunjungi, padahal tempat wisata itu luas, anda bisa saja mencoba mengunjungi masih masing object dilokasi tersebut, namun kadang ada object wisata yang terlewat, Bagaimana agar saat anda berkunjung kelokasi wisata itu bisa menjelajah setiap tempat dan anda paham tentang object wisatanya? Sewa guide! Nah Guide di Website inilah yang bernama sitemap.

Cara buatnya bagaimana?

Jika anda mempunyai blog di wordpress.com, secara otomatis sitemap.xml sudah dibuat otomatis. Jika anda ingin melihat contoh sitemap silahkan buka jejakcandra.wordpress.com/sitemap.xml. Sitemap secara otomatis akan diperbaharui saat ada artikel baru. Sayannya, jika anda menginstall wordpress di webhosting, sitemap tidak secara otomatis dibuat. Terus apa yang kita lakukan? Cukup gunakan plugin XML Sitemap Generator

petunjuk pemakainnya bisa dilihat di halaman yang sama di tab “instalation”. Yang perlu anda perhatikan adalah permisi file. Jika Plugin ini gagal menggenerate sitemap.xml, akali dengan buat file kosong dengan nama sitemap.xml dengan permisi file 666. Anda cukup menggenerate sekali saja, selanjutnya jika anda memposting artikel baru, secara otomatis akan ditambahkan kedala sitemap oleh plugin tersebut. Nyaman bukan?

Untuk Mengecek apakah sitemap sudah berhasil dibuat, bukalah alamat http://namawebanda.com/sitemap.xml. Sitemap ini nantinya akan dipakai untuk memandu ‘Googlebot’, ‘Bingbot’ dan mesin pencari lain untuk mendata seluruh artikel yang anda punya.

Langkah selanjutnya

Langkah selanjutnya, tambahkan sitemap.xml ini kedalam Google Webmasters tool. Bagi anda yang belum tahu tentang layanan ini, silahkan baca tutorial yang berjudul Optimasi Website dengan Google webmaster Tool.

Menambahkan sitemap ke Webmaster tools
Menambahkan sitemap ke Webmaster tools

Jika sudah ditambahkan (dikemudian hari) masih dihalaman yang sama, anda bisa mengecek berapa jumlah artikel disitemap dan berapa yang sudah terindeks oleh Google. Ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa artikel kita memang sudah terindeks oleh google.

Melihat jumlah artikel yang terindeks di google
Melihat jumlah artikel yang terindeks di google

Sekian, semoga bermanfaat!.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Membuat Sitemap di WordPress”

Tinggalin komentar dong!