Membuat Program Pertama di Android

1

Kali ini, kita akan membuat program pertama di Android. Untuk membuat program pertama, silahkan ikuti panduan berikut ini

1. Buka Eclipse dan Masuk menu File->New-> Android Aplication Project

1beri nama aplikasi baru kita dengan nama Hallo Android, secara otomatis project namenya akan terisi. Pada bagian package name, biasakan menggunakan format domain terbaik. Sebagai contoh, karena saya punya website candra.web.id, maka packagenya id.web.candra.halloandroid. Biasakan menggunakan cara ini.

Pada bagian Minimum SDK, settinglah ke Froyo atau Gingerbread mengingat ini dalah versi lama yang masing banyak pemakainya. Bagian yang lain biarkan secara default.

2. Next, Lokasi penyimpanan file project

2

Di jendela ini, cek “create custom launcher icon” dan “Create activity”. pada bagian “Create project in Workspace” secara default akan tersimpan di workspace Eclipse. Anda bisa melihat path lokasi penyimpanan file project disini.

3. Next, Custom Icon

3

Pada bagian ini, silahkan ganti Ikon standar android dengan gambar png yang lain, icon ini akan dijadikan icon aplikasi yang muncul di homescreen. Biasakan menggunakan custom icon, klik next

4. Create Activity

Tidak ada yang perlu di lakukan dibagian ini, cukup next, intinya Secara default anda akan dibuatkan satu activity default. Activity sendiri adalah “Layar” aplikasi android. Jadi misalkan kita punya 4 tampilan, maka kita nantinya harus membuat 4 Activity.

5. Beri nama Layout dan Activity

Secara default, nama activity yang pertama dibuat adalah MainActivity, sedangkan layoutnya activity_main. Penjelasan tentang activity dan layout akan dibahas di posting posting selanjutnya. klik FInisih.

Project pertama anda berhasil dibuat, namun sebelum kita kompilasi, kita ingin mengganti tampilan pesan yang muncul dilayar. Ingat, saat ini kita hanya membuat aplikasi hello world.

Buka file string.xml di folder res/value/string.xml dan ubahlah isinya menjadi seperti berikut ini:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>

    <string name="app_name">Hallo Android</string>
    <string name="action_settings">Settings</string>
    <string name="hello_world">Selamat belajar
 Pemrograman Android!</string>

</resources>

6. Run Aplikasi
Untuk melihat hasilnya, buka menu RUN-run atau langsung saja tekan [CTRL+F11].

Jika semua OK, anda akan mendapatkan tampilan program pertama anda seperti gambar dibawah ini.

6Artikel selanjutnya akan membahas struktur direktori Project android.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Membuat Program Pertama di Android”

Tinggalin komentar dong!