Membangun Aplikasi Menggunakan Google Platform

Tahukah anda apa trend pengembangan Sofware ke depan? menurut berbagai analisa, trend pemrograman telah ber(r)evolusi dari  Visual programming (Desktop)  menuju Cloud computing. Nah komponen Cloud computing dari sisi pemrograman bisa dikelompokan menjadi 3 yaitu Server programming, (Web) client programming  dan Mobile programming.

Google sebagai salah satu Perusahaan IT paling berkembang di dunia juga telah menyiapkan platform ini, baik anda mau membuat aplikasi  berbasis cloud, atau menggunakan Web Bowser (seperti Ajax) ataupun Mobile, google menyediakan tool danSDKnya. Lebih menarik, semua platfrom programmingnya bersifat free, sehingga anda bisa mempelajari dan mengimplementasikannya secara real.

Selain menyediakan Platfrom pengembangan Aplikasi, Google juga menyediakan Market Sofware (tempat menjual sofware yang anda buat menggunakan Google Platfrom). untuk masing masing kategori sehingga anda bisa menjual Aplikasi anda di “pasar” kepunyaan Google.  Langsung saja cekidot gan!

Google App Engine (Cloud Programming)

Google App engine adalah Paltfrom peemrograman Cloud dari Google dimana aplikasi yang anda buat akan dihosting server yang sama dengan aplikasi seperti Google Calendar atau GMail, Artinya, anda tidak perlu khawatir tentang down time, atau penambahan hardware dan bandwidth jika Aplikasi Cloud anda banyak yang mengaksesnya. Google membolehkan anda membuat 10 aplikasi Cloud secara free. Disini pun anda tidak akan terkena biaya hosting selama aplikasi cloud anda diakses kurang dari 100.000 hit perbulannya.

Untuk memulai pemrograman Google App Engine, anda cukup mendownload App Engine SDK dan Account Google serta Eclipse IDE. sekedar catatan, App Engine hanya mendukugn dua bahasa, yaitu Java dan Phyton.

Aplikasi yang sudah anda buat, bisa anda jual di Google App Market Place. Aplikasi yang dijual dipasar ini kebanyakan adalah aplikai Enterprice seperti CRM atau ERP.

2. (Web) Client

Programming di sisi Webclient, saat ini tidak lagi mengandalkan pemrograman visual, namun pemrogrman Browser dengan tampilan seperti GUI, contoh aplikasi web seperti ini adalah Google Docs dan GMail. Untuk ini, Google sudah menyediakan Google Web toolkit, Toolkit untuk membuat aplikasi Ajax dengan bahasa java. Yang dibutuhkan cuman Eclipse IDE, Java dan GWT serta Browser modern yang sudah mendukung HTML5 seperti Google Chrome, Safari atau Firefox 4. Sumber belajar lain ada di w3schools.com dan http://www.html5rocks.com/.

Jika anda sudah selesai membuat Aplikasi HTML5 dengan tampilan ajax yang mirip desktop, anda bisa menjualnya di https://chrome.google.com/webstore.

Tampilan dari Google web store

Mobile programming (Android)

Yang terakhir adalah Android, kalo yang ini saya ga perlu banyak menjelaskan, langsung saja cek http://developer.android.com jika anda ingin mempelajari pemrograman Android. Nah kalo sudah silahkan upload ke Android Market, siapa tau banyak yang suka,

Berikut ini adalah tampilan Dari Android Marke place berbasis Web

Bagi anda programmer desktop, sudah saatnya belajar pemrograman Cloud. Happy coding!

One Reply to “Membangun Aplikasi Menggunakan Google Platform”

Tinggalin komentar dong!