Memanfaatkan Google Maps di Android Secara Optimal

Google maps

Google maps adalah layanan yang sangat canggih, Namun jika seandainya anda memanfaatkan layanan ini di mobile(Android) sama dengan anda memanfaatkannya lewat  Web, maka anda sebenarnya baru memakai 25% persen dari kemampuan Google maps sesungguhnya. Google maps di Android sebenarnya terdiri dari 4 Program terpisah, Jika kita lihat gambar disamping, kita bisa melihat 4 layanan(utama)  berbasis Maps adalah Maps, place, Navigation dan  Latitude . Sedangkan fitur tambahannya adalah Check in, Location History dan My Place. Maps adalah layanan standar untuk menampilkan peta. Namun jangan dikira Maps hanya menampilkan peta seperti layaknya versi web, Maps mempunyai fitur “My Location” dan Direction.

My Location adalah tombol “Magic” yang ada di Aplikasi tersebut yang jika disentuh, maka otomatis akan menampilkan lokasi kita dipeta. Hal ini tentunya sangat bermanfaat saat kita bepergian ke kota yang pertama kali kita kunjungi atau kita tidak familiar dengan kota tersebut. Pada gambar disamping, Tombol itu ada di kanan atas berupa bulatan.

Direction adalah layanan yang terintegrasi dengan Google maps untuk menunjukan jalan dari tempat kita saat ini sampai tempat tujuan. Sebagai contoh, anda di Stasiun Giwangan Yogyakarta, dan anda ingin mengunjungi Pameran Komputer di JEC jalan Janti Yogyakarta, cukup ketik awal :”Giwangan”, dan tujuan/Destination :” JEC” atau Janti. dan BANG!, otomatis arah menuju lokasi, jarak dan perkiraan waktu tempuh langsung muncul di layar. Mantap bukan?

Fitur Lain dari Maps adalah Layer. Layer adalah lapisan dalam peta yang bisa kita pilih, misalkan menampilkan layer sattelite, atau terrain, gampangnya fitur ini digunakan untuk berpindah tampilan peta. Namun kok ada layer latitude? apa itu? baca terus aja gan!

Place

Place adalah layanan berbasis Google maps untuk mencari lokasi Hotel, restoran, SPBU, ATM dan tempat hiburan . yang menarik dari Place adalah teringerasinya aplikasi ini dengan maps, direction,  dan call.
Dengan layanan ini, setelah anda menemukan restoran sushi terdekat (sebagai contoh aja nih) anda cukup menekan tombol “Call”, maka otomatis handphone anda akan melakukan panggilan ke nomor lokasi tersebut.
Ditampilan place ini juga terdapat alamat lengkap, Gambar tempat, atau menu, Review dari user lain yang pernah mengunjungi tempat ini, alamat websitenya serta adanya fitur check in (ini dibahas nanti). serta fitur Rating. Jika anda menganggap tempat itu bagus dan anda ingin mereview nya cukup kasih saja dari 1 bintang sampai 5 bintang. Makin banyak bintangnya berarti tempat itu mempunyai reputasi yang bagus pula.

Tampilan dari Place  terlihat seperti  gambar disamping.  Dari gambar ini juga tampak jarak dari tempat kita saat ini.  misal, dari tempat kita saat ini ke restoran berjarak sekitar 1.2 Mil .

Dalam aplikasi realnya sebenarnya dibawah menu  “rate and review” masih terdapat menu lain yaitu related place, Biasanya Rekomendasi dari Google untuk tempat yang mirip dengan tempat tersebut beserta jaraknya dari tempat anda berdiri saat ini. Cool!.

Latitude dan Checkin

Checkin sudah menjadi layanan umum di aplikasi mobile. Dengan check ini, kita bisa memberi tahu teman teman kita lokasi kita saat ini, terutama saat update status. Check in sendiri sebenarya adalah layanan dari Google Latitude. Latitude adalah layanan untuk menampilkan lokasi kita dan teman teman kita dimana kita bisa berbagi lokasi saat ini.

Checkin terintegrasi dengan Latitude, place dan Google Plus. Dari aplikasi manapun anda checkin, artinya anda memakai layanan latitude.

Gambar 3  adalah screenhoot dari latitude, Gambar disebelah kiri menampilkan list nama teman kita beserta update lokasi terakhir (ex:5 min ago). Sebagai contoh, si Sam Rowghani lokasi saat ini ada di san francsisco, sedangkan Steve ada di Chicago. Tampilan disebalah kanan adalah lokasinya di peta. Cantik bukan?

berikut ini saya beri contoh bagaimana memanfaatkan Latitude. “Anto dan indri saat ini berpacaran. Anto hari ini mengajak nonton si Indri, karena mereka berangkat sendiri sendiri, Anto tidak tahu apakah indri sudah berangkat dari rumah atau belum.Alih alih tanya “Sekarang dimana? dah sampai mana? ” Maka dengan latitude, anto cukup membuka Latitude dari Androidnya dan melihat lokasi terakhir dari Indri.

Bayangkan jika fitur ini dipakai oleh sebuah tim dimana misal tim tersebut janjian untuk kumpul bersama di Kampus. Dengan asumsi masing masing anggota mempunyai android dan mengaktifkan latitude, maka setiap tim secara automagic tahu lokasi anggota lain cukup dengan sekali sentuhan di Handphone.

Contoh yang lain, anda sedang di pameran komputer dan ketika anda melihat di  latitude, ada teman anda juga yang ada dipameran, anda bisa langsung ketemuan atau mengajak minum kopi bareng. Enak bukan?

Navigation

Navigation adalah fitur google maps di Android untuk memandu pengendara mobil saat menuju lokasi tertentu. Sayangnya fitur ini tbelum tersedia di indonesia. Dengan navigation, anda akan dipandung “Turn by turn” untuk setiap belokan jalan, bahkan informasi kemacetan dan jalan alternatif juga disediakan di layanan ini.

Tampilan navigation. Disebalh kiri menampilkan gambar jalan yang akan dilalui, sedangkan di kanan menampilkan real jalan yang sedang dilalui. Sekali lagi sayangnya fitur ini belum ada di indoensia. Tapi kita tunggu saja.

Satu hal penting disini adalah semua layanan diatas membutuhkan koneksi internet dan Anda harus mengaktifkan  GPS di Android.

2 Replies to “Memanfaatkan Google Maps di Android Secara Optimal”

Tinggalin komentar dong!