Memahami Permisi file di Linux

Matrix konversi permisi file dengan format rwx ke format angka

Linux adalah sistem operasi yang kompleks. kompleksitas linux bisa kita lihat dari banyaknya distro, GUI (Window dan desktop Manager) dan perintah serta masalah permisi file di linux membuat sedikit saja yang mau mempelajari .linux lebih jauh.

Permisi file di Linux ada demi alasan keamanan sistem. Setiap file dilinux mempunyai 10 atribut dengan pola drwx-rwx-rwx Beberapa perintah yang dipakai untuk mengubah permisi file adalah chmod, chown dan chwgroup.

Sebagai gambaran, anggaplah ada sebuah file dengan nama belajar.txt dengan permisi file dibawah ini.

-rwxrwxrwx 1 candra candra   16619 Dec 13 21:37 belajar.txt

Karakter pertama bertanda (-) artinya itu adalah sebuah file. Jika itu sebuah folder maka karater pertama berisi (d) yang artinya direktori atau folder. Arti dari rwx adalah (read, write dan execute). mengapa ada 3 rwx? karena setiap file kepunyaan dari seorang user, sedangkan setiap user tergabung dalam sebuah group dan selain user dan group dianggap orang lain (others). File belajar diatas artinya bisa diakses atau dimodifikasi oleh user siapapun.

Terus, apa dong bedanya dibaca dan dieksekusi? (r) artinya read dan (x) artinya execute. Perbedaan mendasar bisa kita asumsikan dengan seorang prajurit yang sedang asik asik membaca novel. Saat membaca, salah satu tokohnya bilang “Tembak musuh didepanmu!”. Jika anda prajurit tersebut, tentunya anda tahu itu bukan perintah, tapi sekedar informasi. Berbeda ketika seorang jendral memberi aba aba pada prajurit “Tembak musuh didepan!” secara otomatis prajurit yang disuruh akan menembak musuh yang ada didepannya. Itu gambaran umumnya. Intinya (x) pada permisi file hanya bermanfaat untuk file script atau program. Jika tanda (x) ini diberikan kepada file mp3 atau docx, efeknya tidak akan terasa.

Representasi lain dari permisi file

Selain dengan menggunakan symbol rwx-rwx-rwx, permisi file juga bisa ditulis dengan tiga angka kombinasi angka 0 sampai 7 (000) – (777). Baik metode angka atau rwx dua duanya kompatibel. Setiap permisi file dalam format (rwx) bisa dikonversi ke format angka.
sebagai contoh permisi file rwx-rwx-rwx sama dengan (777). Bagaimana caranya?
angka pertama adalah permisi untuk user, angka kedua adalah permisi untuk group dan yang ketiga adalah permisi untuk others.
matrix mengkonversinya bisa anda lihat dibawah ini

Matrix konversi permisi file dengan format rwx ke format angka
Matrix konversi permisi file dengan format rwx ke format angka

kapan saya harus berurusan dengan permisi file?

Saat paling sering adalah ketika anda mengupload file anda ke server web entah lewat FTP client atau lewat Web (Cpanel). setelah anda upload, anda harus mengubah permisi filenya mejadi (755) agar orang lain hanya bisa mengeksekusi dan membaca script namun tidak boleh megeditnya.

Contoh lain adalah ketika anda membuat program berbasis web untuk uplaod data. Anda harus mengubah permisinya menjadi (777) yang artinya others (pihak ketiga alias pemakai web) agar file bisa dicopy ke folder upload.

cmmod rwx folder_uplaod  
#atau 
chmod 777 folder_upload

jika anda ingin memberikan permisi yang sama kedalam folder dan seluruh file didalamnya, gunakan perintah

chmod 777 folder_upload 

COntoh yang terakhir adalah ketika anda membuat script dilinux (biasanya file berektensi *.sh), anda harus memberikan permisi file executable (x) agar script bisa dijalankan. contoh dibawah ini akan mengubah permisi file dari latihan.sh agar bisa dieksekusi. untuk membuah sebuah permisi ganti tanda (+) menjadi (-) .

$ chmod +x belajar.sh 
  $ ls -l belajar.sh 
-rwxrwxrwx 1 candra candra 16619 Dec 13 21:37 belajar.sh
 chmod -x belajar.sh 
$ ls -l belajar.sh 
-rw-rw-rw- 1 candra candra 16619 Dec 13 21:37 belajar.sh

Variasi dari perintah chmod sangat kompleks, anda bisa membacanya lewat manual man chmod atau membacanya di http://www.dartmouth.edu/~rc/help/faq/permissions.html.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Memahami Permisi file di Linux”

Tinggalin komentar dong!