Memahami Lisensi Creative Commons

cctable

Crative Common itu apa?

Crative commons adalah lisensi yang digunakan untuk karya kreatif  seperti karya tulis, photografi, Audio atau Video. Karya  Creative Commons (CC) artinya karya yang boleh digunakan oleh orang lain (dalam hal ini anda)  namun, anda  ”tidak boleh mangatakan bahwa itu adalah karya anda“.Anda harus memberi penghargaan ke si pembuat karya tersebut. CC  sendiri dibagi  menjadi 6 sub lisensi untuk penggunaan yang lebih detail. Anda bisa melihatnya dari gambar dibawah ini.

Untuk lebih jelasnya, saat anda melihat karya dengan lisensi CC , perhatikan iconnya. Penjelasan masing masing icon akan saya tulisdibawahnya.

CC-BY

Anda  boleh menggunakan, menyebarkan karya, memodifikasi atau menggabungkan karya dengan karya anda sendiri dan boleh mengkomersialkan harya tersebut.

CC-BY-SA

Anda boleh menggunakan, menyebarkan, mengkomersialkan dan memodifikasi atau menggabungkan karya ini dengan karya anda, namun karya anda juga harus menggunakan lisensi yang sama atau sejenis.

CC-BY-ND 

Anda boleh menggunakan karya  tersebut atau mengkomersialkannya, namun anda tidak boleh menggabungkan karya tersebut dengan  karya kreasi anda sendiri

CC-BY-NC

Anda Boleh menggunakan atau memodifikasi  karya tersebut namun tidak boleh di komersialkan.

CC-BY-NC-SA

Anda boleh menggunakan karya tersebut, namun anda tidak boleh mengkomersialkan karya tersebut atau karya turunan dari karya tersebut.Karya turunan harus mempunyai lisensi yang sama dengan karya asal.

CC-BY-NC-ND

Anda hanya boleh menggunakan karya tersebut, namuna anda tidak diperbolehkan mengkomersialkan karya tersebut atau membuat karya turunan berdasarkan karya tersebut .

untuk mencari karya dengan lisesnsi CC anda bisa mengklik http://search.creativecommons.org/

Keterangan:

CC=Crative Commons

BY =By (Like By in   “create BY Candra”) 

SA= Share Alike

NC=Non Commercial 

ND=Non Derivative

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

4 thoughts on “Memahami Lisensi Creative Commons”

Tinggalin komentar dong!