CandraLab

IT Pro & Developer Resource

Menu Close

Manfaat Jaringan Komputer dan Internet

Ilustrasi Jaringan Internet

Ilustrasi Jaringan Internet

 Apa sih manfaat jaringan komputer? Ternyata jawaban untuk pertanyaan simple ini sangat bervariasi dari yang menjawab agar bisa sharing file, bisa sharing koneksi internet, bisa main game jaringan, ada yang menjawab agar bisa chating  dan seabrek jawaban lain yang tentu saja jawaban yang tidak salah, namun jawaban tersebut tidak mengena pada inti yang ditanyakan.

Langsung saja, manfaat jaringan secara garis besar sebenarnya  cuma ada 2 yaitu “Berbagi sumberdaya dan Sebagai Media komunikasi”. Silahkan anda lihat contoh jawaban diatas, bukankah semua jawaban diatas masuk kedalam kedua kriteria tersebut? Biar lebih jelas akan saya buat daftar yang lebih mudah dipahami.

Jaringan sebagai media berbagi pakai.

Apa sih alasan orang berbagi pakai? Alasan utama adalah karena keterbatasan sumber daya (komputer) dan Dana. Sebagai contoh dalam 1 kantor ada 10 komputer dan jika setiap pegawai di membutuhkan printer, tanpa ada jaringan, maka perusahaan membutuhkan 10 printer, dengan adanya jaringan, maka perusahaan hanya butuh 1 printer yang dibagi pake kesepuluh pegawai tersebut. Artinya, perusahaan menghemat biaya sampai 90% hanya dari pengadaan printer.

jika kita daftar, berbagai sumber daya jaringan yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Berbagai file dan printer (file and printer sharing).

2. Berbagi koneksi internet.

3. Berbagi Hardware (Misal CD ROM) yang dishare

4. Berbagi informasi misal web/Internet/Intranet.

Jaringan sebagai media komunikasi

Sebagai media komunikasi, jaringan telah menjadi salah satu media komunikasi bagi sebagian besar manusia . Beberapa layanan komunikasi berbasis jaringan internet adalah:

1. Chating, pesan instant, email, forum, milis dan newsgrup

semua layanan tadi mempunyai satu fungsi, yaitu berkomunikasi, baik komunikasi kelompok ataupun komunikasi secara pribadi.

2. Komunikasi Multimedia

Semua komunikasi di point pertama hanya menggunakan text, komunikasi yang lebih canggih bisa mengandalkan VoIP untuk Komunikasi suara atau teleconference untuk komunikasi Audio Visual. Salah satu layanan komunikasi yang populer saat ini adalah Google+ Hangout yang mendukung sampai 10 user video conference berbarengan.

3. Media kolaborasi

Biasanya manfaat ini paling terasa diperusahaan, misal bagi para pekerja dalam satu tim yang bekerja di kantor yang bereda. bentuk bentuk ini contohnya adalah kolaborasi online seperti membuat Wiki, Google Wave dan Collaboration Tool yang lain. Google docs yang mempunyai fitur mengedit dokumen secara bersama sama.

Seiring dengan perkembangan Internet, manfaatnya pun melebar dimana internet tidak hanya sebagai media berbagi dan media komunikasi tetapi sebagai media bersosial seperti Facebook, media bisnis (ecommerce) dan media hiburan (entertainment seperti Audio & Video streaming, Game online dsb).

Namun, tetap saja amanfaat jaringan komputer tetap berprinsip pada dua manfaat dasar diatas, yaitu Berbagi pakai dan media komunikasi.

  • 1st update:  tgl 18 april 2012
  • 2nd Update, 11 nov 2012
  • 3rd update, 30 Okt 2015,  Update video Link