Manfaat DDMS di Eclipse

Jendela Logcat

Eclipse punya ‘pandangan’ yang berbeda dalam mengelola pluginnya. Dalam eclipse, plugin plugin dikelompokan dalam  perspective. Konsep perspective ini selain memudahkan berganti mode programming, juga tidak boros memori. Misalkan anda programer Java dan anda pindah ke mode  C/C++ misalkan, maka semua fitur C/C++ akan di load ke memori dan fitur java akan dimatikan. Hal ini menyebabkan eclipse jauh lebih cepat dibanding Netbeans.

Eclipse punya banyak perspective, untuk melihatnya, anda bisa mengakses ke menu Windows -> Open Perspective. Namun, dalam pemrograman java dan android, kita hanya membutuhkan 2 perspective yaitu Persective java dan perspective DDMS.

DDMS itu apa sih?

DDMS adalah kependekand dari  Dalvik Debug Monitor Server. Intinya DDMS adalah perspective untuk debuging aplikasi Android. Memahami cara kerja DDMS dan fiturnya akan memudahkan anda mencari error pada aplikasi android yang anda bangun. Untuk berpindah ke mode ddms, cukup klik ke menu Windows -> Open Perspecive ->DDMS.

DDMS mempunyai banyak jendela yang kesemuanya berhubungan dengan debuging. Mari kita cek satu satu.

Device Status

Device status
Device status

Menampilkan status dari emulator atau Smartphone (jika anda menggunakan real device untuk debuging aplikasi), Dengan melihat bagian Device, bisa kita lihat proses yagn sedang berjalan di emulator tersebut. Fitur lain dari Device Emulator adalah mengambil screenshot dari tampilan di emulator, Panduan cara mengambil screenshot akan saya bahas secara terpisah.

LogCat

Jendela Logcat
LogCat digunakan untuk memonitor proses dibelakang aplikasi android

Logcat akan mencatat semua Eror, Warning, debug dan info. Selalu lihat kebagian ini untuk melihat error yang terjadi di aplikasi anda. Saya aka membuat tutorial terpisah tentang bagaimana cara mengirim pesan ke LogCat.

Emulator Control

Emulator Control
Emulator Control

Bagian ini dipakai untuk mengatur ’emulasi/simulasi’ SMS, nomor telepon dan Location Control untuk membuat simulasi aplkasi Location based service. Jika anda  membuat aplikasi berbasis Google map atau aplikasi yang berhubungan dengan SMS/Telepon, maka pasti akan berurusan dengan emulator control.

File Explorer

File Explorer
File Explorer

File explorer dipakai untuk mentransfer file dari dan ke emulator. Contoh sederhananya, anda membuat aplikasi Mp3 player, maka anda harus mentransfer mp3 di komputer ke emulator lewat file explorer. Sebaliknya, misalkan anda membuat aplikasi database sqlite, anda bisa mengambil databasenya lewat File explorer. Caranya gimana? Akansaya tulis secara terpisah.

Network statistics

Network statistics
Network statistics

Digunakan untuk memonitor penggunaan bandwidth, jika anda membuat aplikasi client server, kita bisa melihat trafic bandwidthnya disini.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Manfaat DDMS di Eclipse”

  1. yups…. seperti penting sekali ! trims infonya…. bener2 ketagihan baca tulisan ente :) saran ane : knp ente tdk kumpul smw tulisan ini trus dijadikan buku…. ilmu disebar dan cashback kan :) tulisan ente jg mudah dipahami oleh kita2 yg awam.

Tinggalin komentar dong!