Bagi para netter veteran, pasti sudah kenal yang namanya adblock kan? Ad block adalah ektensi browser yang digunakan untuk memblokir iklan. Namun sejauh ini, kita hanya fokus pada sisi ‘end user’ tanpa melihat performanya di belakang layar. Bagi yang pakai jalur unlimited mungkin ada dan ga ada iklan itu ga masalah dari sisi paket data ataupun kecepatan loading website. Namun bayangkan anda di daerah yang menggunakan kuota internet terbatas dan sinyal 3G yang timbul tenggelam, analisa ini bisa bermanfaat bagi anda.

Dalam percobaan kali ini, saya mencoba mengetes perbandingan data yang dipakai serta kecapatan loading website dengan menggunakan Google chrome Developer tool dan ektensi ABP (Adblocker plus).  Untuk percobaan ini saya fokus pada dua website berita populer di indonesia: detik.com dan kompas.com. Setiap kali selesai percobaan, browser akan di clear cachenya sehingga hasil lebih akurat. 

Analisa Kompas.com

Perhatikan bagan 1 dan bagan 2 diatas, saat pertama kali membuka website ini butuh download 3.1MB data dan saat memakai adblock hanya butuh 1.4MB.  Untuk proses loading tanpa adblock butuh waktu 60 detik sedangkan dengan adblock hanya butuh 12,71 detik. Dom Content tanpa adblock terload 38,23 detik dan saat pakai adblock hanya 5.87 Detik. dan load halaman tanpa adblock butuh waktu43,27 Detik sedangkan dengan adblock hanya butuh 12, 34 Detik.

tanpa adblock butuh 328 request dan dengan adblock hanya butuh 124 request (37,8 %). Mengapa dengan adblock request menjadi sedikit? karena Adblock tidak akan meminta halaman iklan. Halaman yang tidak di request adalah halaman iklan yang tidak bermanfaat bagi pengunjung web dan justru iklan inilah memperlama loading website dan memenuhi layar. Kesimpulan disini Adblock benar benar Menstop Request Iklan, dan bukan menyembunyikan iklan.

Dari sisi data, kita menghemat 1.7 MB atau sekitar 54.8 % data. Dan dari sisi kecepatan meningkat drastis dari 60 detik menjadi 12,71 detik atau ada kenaikan 5x lipat. Luar biasa bukan?

Analisa Detik.com

Perhatikan bagian 3 dan bagan 4 (dibawahnya), saat pertama kali membuka website ini butuh download 16.7MB data dan saat memakai adblock hanya butuh 1.3MB atau hanya 7.7% dari kebutuhan bandwidth sebenarnya.   Kenapa bisa sangat kecil? karena detik.com lebih banyak iklannya daripada kontentnya. Bayangkan saja, halaman depan detik.com 14.4 MB adalah iklan.

Untuk detik.com tanpa adblock butuh 533 request dan dengan adblock hanya butuh 184 request (34,5 %).  Dari sisi data, kita menghemat 14.4 MB . Dan dari sisi kecepatan meningkat drastis dari 168 detik menjadi 4.7 detik atau ada kenaikan 35x lipat lebih cepat. Luar biasa bukan?

Kesimpulan

Jika anda adalah pengelola warnet, Laboratorium, Teknisi atau IT Staff, sangat saya sarankan pasang adblock disetiap Browser PC di tempat kerja anda. Hal ini bukan hanya masalah iklan, namun juga akan meningkatkan efesiensi belajar/bekerja bagi para penggunannya. Seandainya anda saat ini masih menggunakan internet berquota apalagi. Anda akan mendapat manfaat berlipat lipat. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan bagi Anda mahasiswa IT , biasakan melihat sesuatu lebih dalam, jangan cuma kulitnya saja. Selamat belajar!