Google play adalah toko online dari Google yang menjual barang barang digital. barang digital ini bisa Aplikasi, Game, Buku, Majalah, langganan surat kabar, Music, Serial TV ataupun Film Bioskop. Namun, jika anda buka aplikasi Google play di Android anda, paling paling yang muncul hanya Aplikasi, Game, Majalah, Surat kabar dan Buku. Music, Serial TV dan Film tidak tidak dijual di indonesia.

Pengumuman layanan lengkap di Google play

Pengumuman layanan lengkap di Google play

Sekarang mari kita bahas satu persatu layanan toko online untuk android ini dan bagaimana Google mendapatkan uang.

Google Play App

Google Play App adalah layanan toko digital google untuk aplikasi android. Layanan ini tersedia disemua negara didunia. Definisi “menjual” bukan hanya berarti menjual aplikasi, namun juga termasuk “menjual” iklan yang ada di aplikasi gratis android. Jadi disini, Google dapat untung dari Iklan yang muncul di aplikasi android. Cara kedua adalah cara menjual aplikasi seperti biasa. Anda harus bayar dulu, baru download aplikasinya. Cara terakhir yaitu dengan menjual “komponen/item/fitur” yang ada didalam aplikasi. Konsep ketiga sering disebut dengan InApp Billing. Cara ketiga ini sering dipakai untuk aplikasi yang memiliki fitur dasar dan lanjut. Alih alih membuat dua versi aplikasi, programernya membuat satu aplikasi, namun untuk memakai fitur lanjutan, anda harus bayar perfitur.

Google Play Game

Toko game online di android ini juga tersedia di indonesia. Aplikasi seperti angrybird dan Candycrush adalah aplikasi gratis yang memanfaatkan “inApp BIlling”. Anda gratis main angrybird, namun kalau anda ingin cepat naik level, beli saja burung elang yagn sekali tembak maka rumah babi langsung hancur. Sama juga dengan candycrush dan aplikasi lain di Google. Google play game mempunyai perbedaan mendasar dibanding Google play App. Di playGame, untuk game game tertentu, kita bisa mengajak teman kita di Google+  untuk bermain bersama. Selain itu, Google play Game juga menyimpan skor, leaderboard, point serta level di cloud. Artinya apa? Saat anda berganti device (misal dari smartphone ke tablet) atau anda menginstall ulang game tersebut, anda cukup meneruskan dari level terakhir, skor dan point anda tidak akan hilang.

Google play Book

Google play book adalah toko online google untuk berjualan buku buku digital. Berbeda dengan toko buku seperti amazon yang menjual produk buku dengan cara mendownload file PDF atau epub. Play Book tidak ada proses download. Saat anda membeli buku, maka Google memberi akses anda membaca bukut tersebut. Saat anda pindah dari satu device android ke device lain dengan akun yang sama, anda tetap bisa membaca buku tersebut. Google memberi kenyamanan user dengan “sekali beli buku” bisa diakses dimana saja. Terus bagaimana jika pake komputer? Anda cukup masuk ke Google book pada bagian MyLibrary. Buku yang pernah anda beli di Google play bisa anda baca juga dari web browser.

 

Google play Newstand

Berbeda dengan PlayBook, Newstand ditujukan untuk produk seperti koran online dan majalah digital. Konsepnya disini, anda tidak beli, namun anda berlangganan. Biasanya langganan dihitung perbulan. Koran besar seperti Newyork times dan Majalah besar dunia menggunakan konsep ini. Ingat, untuk newstand, anda harus membayar tiap bulan.

Google play Music

Google play music

Google play music

Play Music adalah produk google untuk jualan track music seperti itunes. Dengan Play music, anda bisa memutar lagu di Chrome browser, Tablet ataupun smartphone android. Sayangnya, play Music belum tersedia diindonesia. Alasan utama menurut saya sih karena pembajakan mp3 di indonesia sudah akut.

 

Google play Movie & TV

Play Movie menjual film film bioskop serta serial TV america. Lagi lagi, layanan ini juga tidak tersedia di indonesia mengingat Indonesia terkenal sebagai negeri pembajak. Mungkin kita bepikir seperti ini, waduh kalau terus menerus nonton Streaming, paket data jebol dong? Google tidak sebodoh itu. Google membolehkan User mendownload Serial TV dan Film ke dalam android anda, jadi saat diputar tidak perlu koneksi internet lagi, namun Google mengenkripsi file video tersebut sehingga user tidak membajaknya. Kekurangan kedua, kalau Offline, anda butuh Android dengan media penyimpan yang besar.

Sebagian berpikir, ngapain juga nonton film bioskop di tablet apalagi smartphone? Rugi dong? Sekali lagi, Google tidak sebodoh itu. Google membolehkan film tersebut di putar di TV dengan bantuan Chromecast atau android TV. anda bebas memutarnya di TV, komputer, tablet ataupun home theater pribadi. Sayanngya sejauh ini Chromecast dan Google TV belum dijual di indonesia.

 

Google play Movie & TV

Google play Movie & TV

Pertanyaan selanjutnya!

Mas, emang informasi gini penting ya? bukannya ini situs pemrograman? manfaatnya apa bagi saya yang programer android? Oh oh, tentu ada bro!  Sekarang kita tahu bahwa kita bisa jualan aplikasi, game, koran, majalah atau buku langsung di Google play. Artinya, jangan berpikir Google play cuman bagi programer android. Jika anda penulis anda juga bisa memanfaatkan Google play untuk menjual buku digital yang anda buat?

Terus bagaimana kalau saya ingin membuat aplikasi yang mendukugn “inApp Biling”, mau pasang iklan adMob  atau membuat aplikasi game multi user yang datanya disimpan di cloud? Nah artinya anda perlu membaca Artikel selanjutnya dengan judul Mengenal Google Play Service untuk Developer android. Tunggu artikel selanjutnya…