Keynote Google IO 2012 Hari Pertama

Logo Google IO

Logo Google IOGoogle IO adalah  event tahunan yang diselenggarakan oleh Google untuk memperkenalkan produk dan layanan barunya. Peserta event ini ditargetkan untuk para developer dibidang Web, Cloud, social,Game dan Mobile. Acara diselenggarakan selama 3 hari dengan berbagai bentuk presentasi, workshop dan coding. Walaupun acara IO untuk tahun ini diselenggarakan selama 3 hari, namun presentasi utama (keynote) hanya ada di hari pertama dan kedua.

Keynote akan memberi gambaran umum tentang fitur, layanan atau produk baru dari Google. Keynote di Hari pertama menyoroti tiga hal yaitu Android, Google+ dan Google glass.

Android

Android mendapat porsi yang cukup besar di event ini. Beberapa hal baru tentang android di event ini adalah:

Rilis versi baru bernama JellyBean (4.1)

Google merilis versi terbaru dengan nama jellybean. Keunggulan utama dari jelly bean adalah adanya Google Now, Offline Voice Typing, lebih responsive serta beberapa fitur lainnya. Selengkapnya bisa anda lihat di http://developer.android.com/about/versions/jelly-bean.html.

Majalah dan Serial TV  di Google Play

Sebelumnya, Googe Play hanya menyediakan aplikasi, game, movie,buku dan music. Sekarang, Google melengkapinya dengan majalah digital dan TV series. Bukan hanya itu, jika dulu film hanya bisa di ‘pinjam’ sekarang, Film bisa dibeli.

Produk Tablet baru bernama Nexus 7

Setelah Google mengeluarkan smartphone dengan Brand Nexus (nexus One, Nexus S dan Galaxy Nexus) akhirnya Google mengeluarkan tablet resmi bernama Nexus 7. Produk ini bukanlah pesaing dari iPad, namun saingan dari Kindle Fire. Hal yang paling nampak dari Nexus  7 adalah kemampuannya dalam hal Gaming sebanding dengan game game konsole seperti PS3 atau XBox. Produk ini juga ditargetkan untuk mengkonsumsi lagu, tv series, film dan buku yang tersedia di Google Play.

Produk Social Streaming Box bernama Nexus  Q

Nexus Q diklaim sebagai hub social streaming pertama di dunia. Nexus Q berfungsi sebagai  ‘perantara’ antara Google Play, Smarphone dan perangkat audio Video dirumah anda. Mengapa disebut social streaming? Saya akan beri contoh mudah, anggaplah anda akan membuat pesta, Alih alih anda menyediakan lagu sendiri, teman teman andalah yang ‘membawa’ lagunya masing masing. Semua lagu terimpan di server Google. Jadi misalkan teman anda ingin memperdengarkan lagu kesayangannya, cukup buka smarphone android lalu koneksikan ke Nexus Q , pilih lagu yang ingin diputar dan secara otomatis  Nexus Q  akan ‘mengirim’ suaranya ke Perangkat audio di rumah anda dan  semua teman teman anda bisa mendengarnya. Bukan hanya itu, anggap saja teman anda ada yang baru saja membeli Film bioskop di Google play, sebut saja  The Avenger. Teman anda cukup membuka smarphone, pilih film di Google play dan play maka secara magic film tersebut akan distreaming di TV yang sudah di hubungkan dengan nexus Q.

Google+

Bagian kedua dari keynote membahas tentang Google+. Google Plus hanya mempunyai porsi sedikit di event ini. Dua hal baru yang diperkenalkan adalah tersedianya Google+ untuk iPad dan Android Tablet. Yang kedua adalah  Fitur baru di Google+ bernama Google+ Event. Saya sudah membahas secara mendetail tentang Google+ event disini.

Google Glass

Google Glass adah proyek ambisius Google untuk membawa ‘kacamata masa depan’ ke era sekarang. Google Glass bisa berfungsi sebagai penunjuk jalan, telepon, video conference, check in, update status, kirim pesan, mengambil gambar dan merekam video. Sayangnya Produk ini baru akan dipasarkan tahun 2014 mendatang. Saat ini Google Glass baru bisa dipesan oleh para peserta Google IO untuk tahap percobaan.

Seandainya Google Glass dipakai, kurang lebih seperti di video dibawah ini

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!