Install UML Plugin di NetBeans 6.8

Pilihan UML tool di Netbeans

UML adalah tool yang wajib dipakai jika kita ingin mendesain aplikasi menggunakan Bahasa pemrograman berorientasi Object. Banyak tool UML yang beredar, namun jika anda adalah programmer java yang menggunakan Netbeans sebagai IDE nya, kita cukup memakai UML plugin dari website Netbeans.

Cara Instalasi UML Plugin ini dilakukan secara manual karena di update center tidak muncul menu UML, caranya silahkan download UML plugin di sini. Selanjutnya, anda cukup mengekstraks zip ini kedalam folder instalasi netbeans anda, biasanya  di C:\Program Files\NetBeans 6.8.

Sekarang coba buka kembali Netbeansnya dan pilih File -> New .Seharusnya, Sekarang anda bisa memilih UML untuk merancang Diagram aplikasi Anda. Selamat mencoba. UML didukung netBeans sampai versi 6.8. Versi selanjutnya anda disarankan menggunakan visual paradigma UML atau JDeveloper.

Untuk Versi diatas 6.8, anda bisa  cukup masuk ke menu Tool->Plugin, plih tab Available Plugin. Ada dua pilihan yaitu easyUML atau PlantUML. Pilih salah satu saja. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

umplplant

  • 1st Update 11 Nov 2012
  • 2nd Update 3 Nov 2015

Tinggalin komentar dong!