Install Android ADT di Windows

jdk

Kali ini, saya akan menjelaskan cara menginstall Android ADT terbaru di Windows. ADT adalah kependekan dari Android Development Kit. Tool ini berisi semua software yang dipakai untuk membuat aplikasi android.

Dulu, saya pernah menulis tutorial serupa, hanya saja dulu langkahnya panjang dan ribet. Sekarang, untuk menyiapkan software untuk membuat aplikasi android hanya perlu dua langkah utama yaitu install Java Development Kit (JDK) dan ADT Bundle.

Install JDK

JDK adalah platform dasar untuk semua tool berbasis java. Apapun yang anda pelajari, baik belajar J2ME, Pemrograman desktop Java, Pemrograman JSP ataupun pemrograman Android, JDK harus sudah terinstall dulu.

Untuk menginstall JDK silahkan download JDK nya di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html. Pilihlah Sesuai dengan OS Windows anda, jika OS anda 64 bit maka downloadlah Windowsx64, jika 32 bit maka downloadlah yang Windows X86. Selesai download install seperti biasa. Saat tulisan ini dibuat,versi terbarunya adalah JDK v7u45.

jdkInstall Android ADT Bundle

Dulu ADT hanyalah tool kecil untuk menghubungkan antara eclipse dan Android SDK, hal ini terasa ribet dan bertele tele, akhirya Google mengeluarkan ADT terbaru yang didalamya berisi Eclipse, Android SDK, Android Platform Tool, Android Platform Terbaru dan Emulator.Catatan penting disini, ADT bundle berukuran sekitar 400MB, jadi pastikan koneksi anda kencang dan stabil.

bundel

Langkah instalasi

  1. Dowload ADT bundel di http://developer.android.com/sdk/index.html,
  2. Extractlah di Drive D:, nanti akan terbentuk folder bernama adt-bundle-windows-x86-yyyymmdd. Saya sarankan renamelah folder tadi menjadi ADT saja.
  3.  Masuk ke folder hasil extract lalu jalankan eclipse.exe.
  4. Instalasi selesai !

Jika anda benar dalam proses instalasinya, maka akan muncul tampilan Eclipse seperti dibawah ini .

Eclipse siap dipakai
Eclipse siap dipakai

Instalasi selesai, anda tinggal create new Android Project. Gampang kan? Tutorial selanjutnya akan membahas cara mengupdate SDK. Mengapa harus diupdate? Secara default, ADT bundle hanya berisi Tool untuk pengembangan android terbaru (Saat ini kitkat). Jika anda ingin membuat aplikasi android untuk platform dibawahnya, misal Giberbread, ICS atau JB anda harus mengupdatenya. Materi update SDK ini akan saya bahas besok.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

8 thoughts on “Install Android ADT di Windows”

  1. Saya baru saja selesai download adt (android studio 2.1). Saya mau extract tidak bisa mas nama file hasil download “android-studio-bundle-143.2790544-windows1”. Ini gimana mas? thanks

  2. Perkenalkan saya muhamad nuropik, setelah saya baca postingan website ini saya menjadi tertarik lagi untuk belajar java secara autotidak maklum saya hanya lulusan stm elektronika, dulu sempat belajar dikit tapi bersumber dari buku2 yang saya temui kebanyakan terlalu rumit terlebih banyak istilah yang sangat asing sehingga berhentilah gk da motivasi lagi. insya allah mudah2an dengan situs ni akan mulai termotifasi utk belajar lagi, sekian dan terima kasih

Tinggalin komentar dong!