Inovasi Teknologi Smartphone

google-nexus-4-wireless-charging

Sejak kemunculan iPhone tahun 2007, Perkembangan Smartphone terus mengalami peningkatan. Hanya dalam waktu 5 tahun, banyak invosasi baru yang ditawarkan oleh teknologi ini. Beberapa teknologi inti yang ada dismartphone adalah sebagai berikut:

1. Touch Screen
Touchscreen merupakan fitur utama Smartphone modern. Sebagian besar smartphone menjadikan 90% tampilan depan berupa layar touchscreen. Fitur Smartphone yang muncul dari efek penggunaan smartphone diantaranya adalah fitur pendeteksi wajah, slide to unclock, pinch to zoom dan yang paling utama adalah Touchscreen keyboard.

2. Maps & GPS
dulu, GPS hanya ada diperangkat tertentu yang dimiliki oleh perusahaan atau profesional dibidangnya. Smartphone mengubah paradigma tersebut sehingga GPS sekarang menjadi komponen default di smartphone. Teknologi yang yang berkutat erat dengan GPS adalah Location based service, geotaging, check in, serta Turn by turn Navigation bagi pemilik mobil Semua fitur smartphone diatas bergantung pada Maps dan GPS.

3. Voice Input
Ternyata, Touchscreen keyboard bukanlah satu satunya invasi input data di smartphone, voice input sekarang menjadi fitur default di Smartphone, Sebut saja Voice Action Android , Google nows, Siri dan perintah suara di smartpone lainnya menggunakan konsep yang sama. Perkembangan selanjutnya dari teknologi ini adalah Virtual Asssistant, Voice dictate, voice command, voice search dan berbagai fitur lainnya, kuncinya ada pada Voice input.

4. NFC
NFC adalah teknologi baru yang dibenamkan dismartphone.NFC saat ini dipakai untuk melakukan pertukaran data antar Pengguna smartphone hanya dengan mendekatkan dua buah device. Bukan hanya itu, NFC merupakan teknologi dibalik Google wallet, semacam dompet digital dan penganti kartu kredit, sebagai alat pembayaran, pengganti tiket, kupon dan sebagainya.

5. Sinkronisasi data ke Cloud

Teknologi Smartphone berkembang seiring dengan teknologi Cloud, Sekarang tidak ada lagi namanya kekurangan space atau kelupaan membawa file. SMartphone menyimpan data secara langsung ke cloud dan mensinkronisasikan secara otomatis antar device. Android menggunakan Google Drive dan Instant Upload, iPhone menggunakan iCloud dan microsoft menggunakan skydrive. Walaupun namanya berbeda beda intinya sama yaitu sinkronisasi data ke cloud secara otomatis. Tidak perlu lagi upload dan download manual.

6 Wireless Charging

Era charging menggunakan kabel USB atau charger sudah berakhir, era baru smartphone menggunakan wireless charging. Anda cukup meletakan smartphone disebuah dock dan otomatis battere akan terisi dengan sendirinya. Nokia Lumia terbaru dan Nexus 4 dari Google adalah pelopor dari pemanfaatan teknologi ini.

7. Wireless Printing

Sekarang, anda bisa langsung mencetak dokument di Smartphone anda tanpa harus memindahnya ke PC, Pengguna android bisa memanfaatkan teknologi Google cloud print semantara IPhone menggunakan Airprint.

8. Display Mirorring & Mobile projector

Menampilkan layar smartphone ke TV atau LCD display secara wireless, Nexus 4 dari Google, Galaxy S3 dan iPhone terbaru sudah menggunakan teknologi ini. Teknologi yang masih mirip adalah menanamkan proyektor kedalam sebuah smartphone. Target penggunanya tentunya adalah pegawai kantor yang sering rapat atau presentasi ke client.

9. Desktop di smartphone
Teknologi desktop sekarang sudah bisa dibenamkan di Smartphone. Sebut saja proyek ubuntu for android dan Smartphone Motorola Atrix. Perhatikan spek Smartphone sekarang sudah gila gilaan, prossor quad core dan RAM 1GB merupakan spesifikasi Notebook dan PC yang dipakai sekarang pada umumnya. Dimasa depan, orang tidak perlu lagi mempunyai PC dibawah Meja kerja, anda cukup sebuah layar, Mouse dan keyboard Wireless. Data dan OSnya ada di SMartphone anda. Cool kan?

10. Unifikasi Komunikasi (text,audio,video, jejaring social)
Google menggunakan Gmail, Google talk, Google SMS serta Google+ Hangout untuk mengabungkan semua mode komunikasi yang dilakukan, Apple menggunakan iMessage dan Face time sementara Windows Phone memanfaatkan Skype sebagai pondasi untuk menggabungkan semua bentuk komunikasi dismartphone.

What next?
Kita tunggu saja dua tiga tahun lagi dan melihat gembrakan apa yang akan muncul di smartphone selanjutnya.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!