Contoh Inovasi Sederhana desain Software

icon

Saya akan bercerita tentang inovasi sederhana, simple namun manfaatnya terasa bagi orang awam . Inovasi ini dilakukan oleh para perusahaan IT seperti Microsoft, Google ataupun Apple. perlu diperjelas disini bahwa sederhana bisa berarti idenya sederhana, atau implementasinya yang sederhana atau berarti keduanya.

Google Produk

icon

Lihat tab  Google chrome diatas. Tab pertama adalah google calendar. Perhatikan Faviconnya? ada yang beda? Bagi yang tidak perhatian mungkin itu dianggap sama aja, icon calendar biasa. Tapi tahukah anda? Icon calendar di Google calendar mencerminkan Tanggal hari ini. Saat artikel ini ditulis adalah tanggal 6 Maret. Inovasi sederhana namun sangat bermanfaat bukan?

Lihat tab Gmail yang kedua? Ada yang unik?  Icon Gmail akan menunjukan jumlah email yang masuk di inbox. Dlam kasus diatas, saat ini inbox saya kosong.

Yang terakhir ini adalah fitur di Google chrome, Pernah buka banyak tab di browser lalu tiba tiba muncul suara backround? Kadang kita kesal dengan website yang berisi suara latar (entah nyanyian atau apalah) terus pas saat mau nutup, bingung mana sih yang keluar suaranya? Nah Google chrome menambahkan icon speaker untuk menunjukan tab mana yang mengeluarkan suara.

Windows Network

iconetwork

Inovasi icon selanjutnya datang dari Windows, inovasi ini sudah ada sejak era windows Xp, Lihat gambar icon diatas? hanya dengan melihat gambar icon computer dengan tanda seru, kita bisa langsung mengambil kesimpulan bahwa  sambungan fisik jaringan OK, tapi kemungkinan Jaringan /seting IP bemasalah. Sederhana dan simple.

Facebook Chat 

kris

Suka chat di facebook? Nah Facebook berinovasi secara bertahap untuk fitur chatnya. Salah satunya yang membuat saya terkesan adalah inovasi dibagian “seen 8:54pm”. Dengan inovasi sederhana diatas, pengirim chat bisa tahu bahwa pesannya sudah dibaca.

“My Location ” di Apple iPhone 3G

Inovasi yang terakhir ini idenya sederhana namun implementasinya kompleks, Di tahun 2008, iPhone mengeluarkan iphone 3G dengan fitur Google map “My Location”. Cukup dengan sekali sentuh icon location dan Zoom, maka posisi anda dipeta akan kelihatan, dibelahan bumi  manapun dengan keakuratan tinggi secara realtime (ini sebenarnya idenya Google, cuman ditanam di iPhone). Tentunya fitur ini sekarang sudah tidak cool lagi karena sudah dianggap fitur biasa.  Lihat saja video presentasi steve job di Youtube.

Apa inti dari artikel ini?

Masih banyak contoh contoh  lain dari inovasi sederhana namun bermanfaat. kadang, membuat inovasi itu tidak perlu berpikir tinggi dengan rumus komplek seperti membuat rocket atau ide  ambisius “change the world”, cukup Ide sederhana yang bisa memudahkan orang awam memakai teknologi dengan mudah. Saya mengajak programer dan desainer berpikir dengan cara sederhana namun bermanfaat bagi orang awam dalam hal membuat desain dan implementasi sebuah software. High end Tech bukan berarti teknolog tinggi  untuk orang pintar, High end artinya teknologi yang orang awam merasa bahwa teknologi memudahkan mereka, Dengan CARA SEDERHANA.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!