Ingin Bangun Startup, Berpikirlah di luar kotak

komponen disqus mengganti komentar konvensional

Dalam dua artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang kematian startup di indonesia dan jenis jenis website startup yang sebaiknya tidak anda buat. Kali ini saya akan menutup tulisan tentang startup ini dengan memberi motifasi agar para startup ini berpikir diluar kotak.

Berpikir diluar kotak secara sederhana adalah berpikir tidak pada umumnya. Sebagai contoh sedarhana dalam konsep startup, keumuman dari startup adalah membuat website jejaring social atau membuat mobile App. Apakah startup terbatas pada dua hal  tersebut?

Dalam artikel ini saya akan memberikan contoh real dari startup di luar negeri yang ‘keluar dari pakem’ dari kebanyakan startup yang terjebak di web2.0, jejaring social, share,SEO, Founding dan sejenisnya.

Disqus

Salah satu konsep penting dari startup adalah “Kerjakan satu hal saja namun kerjakan sebaik mungkin(FOKUS)” “. Contohnya adalah disqus. Disqus adalah layanan yang fokus kepada komentar. Hah, maksudnya? Kebanyakan website startup berusaha membangun link, memperbanyak user dan menjalin pertemanan. Disqus berusaha membuat solusi menyediakan layanan komentar disemua website, baik itu menggunakan wordpress, blogger, CMS atau website yang dibangun dengan bahasa pemrograman web.

Disqus berpikir diluar kotak dengan melihat kebagian bawah sebuah website yaitu bagian komentar. Disqus sangat mudah dipakai, kita bisa login dengan sembarang akun jejaring social dan diweb manapun kita komentar, kita tetap bisa melihat historynya .

Terus, bagaimana disqus mendapatkan uang dan keuntungan? Diskus menawarkan ‘Discovery content’. Bagi pemilik content (blog/website) . Mereka mengiklankan contentnya lalu iklan akan secara personal tampil di bagian komentar. Misalkan anda komentar di artikel tentang Android, maka disqus  akan memunculkan artikel lain yang berhubungan dengan android. Bagian komentar adalah bagian yang paling jarang di perhatikan oleh Startup sejak bertahun tahun. Disqus saat ini menguasai pangsa pasar ini karena disqus termasuk tipe startup Trendsetter.

komponen disqus mengganti komentar konvensional
disqus mengganti komentar konvensional menjadi komentar yang modern dan memungkinkan diskusi di sebuah website lebih hidup

flightradar24

Pernahkah anda menjemput teman atau saudara di bandara? Apa yang anda pikirkan jika pesawat belum datang? delay, terlambat atau malah jangan jangan kecelakaan? Nah sekarang kita bisa menunggu dibandara dengan nyaman dengan flighradar24. Filghradar24 adalah startup yang memonitor Traffic pesawat terbang di seluruh dunia. Anda bisa melihat secara realtime posisi pesawat di angkasa. Contohnya misalkan anda menunggu teman anda yang berangkat dari jakarta naik pesawat garuda . Anda cukup tahu Nomor pesawat garuda tersebut, maka informasi detail dari pesawat itu akan tampil di web/aplikasi mobile flighradar24 secara realtime .

Perhatikan disini. Ide startupnya adalah memonitor posisi pesawat, si pencetus ide ini harus bekerja sama dengan ribuan pihak lain terutama pihak bandara agar bisa membuat startup ini. Website dan Mobile App hanya ALAT UNTUK MENAMPILKAN OUTPUT. jadi proses utamanya bukan di web atau mobile, tapi di radar.

Bagaimana Startup ini dapat untung? Flightradar mendapat untung dari penjualan aplikasi mobilenya. Anda tahu berapa yang mereka dapat? jutaan Dollar. Mereka menggratiskan websitenya dan membuat aplikasi berbayar untuk smartphone.

Dari sini harusnya kita mulai berpikir, jangan selalu berkutat dengan proses di web atau hanya sekedar fokus di teknologi web apalagi cuman mikir sharing, seo dan jejaring sosial.

flightradar24 bisa memantau posisi realtime posisi pesawat
flightradar24 bisa memantau posisi realtime posisi pesawat

Pocket (read it later)

Pocket mempunyai ide sederhana, menyimpan artikel untuk dibaca nanti. Yang menarik, kita bisa menyimpan artikel lewat email, Ekstensi browser ataupun tweet. Artikel bisa di baca lagi di sembarang device seperti android atau iPhone. Yang berbeda, artikel bisa dibaca secara offline dan pocket akan memformat ulang tampilan menjadi bersih tanpa iklan. Penjelasan panjang lebar arsitektur pocket bisa kamu baca disini.

Ouya game Konsole 

Ketika banyak startup hanya fokus membuat game di android, Ouya berusaha membuat konsole berbasis android. Ceritanya Ouya ingin menjadi pesaing bagi playsation, Wii atau XBox.

Nah ini yang namanya berpikir diluar kotak. Bagaimana mereka mendapat untung? Ya dari jualan Hardware Game konsole lah. Ini baru namanya startup yang benar benar berpikir diluar pakem web dan mobile App.

ouya

Dua startup lain yang konsep teknologi dan bisnisnya mirip dengan ouya adalah arduino dan Raspberry Pi. Arduino adalah rangkaian elektronik open source  dimana desainnya sangat terbuka. Mereka dapat untung dari penjualan komponen elektroniknya. Raperbery PI sendiri adalah sebuah hardware mungil yang hemat tempat. Fungsinya sama saja dengan kotak CPU di kantor atau Lab namun harganya jauh lebih murah dibanding CPU konvensional.

pi

Myo, Wearable Gesture Controle

Myo adalah startup yang berusaha membuat alat pengontrol device dengan cara dan teknik baru yang lebih natural. Bentuk produknya adalah sebuah gelang yang bisa mengontrol peralatan lain. Startup ini adalah startup paling revolusioner dari semua startup yang anda. Biar saya ga banyak cing cong, cek video demonya dibawah ini:

Kesimpulan

Dari semua contoh startup suskes diatas, mari kita cek point point penting yang bisa kita jadikan pegangan  dalam  membangun startup.

  1. Fokus pada satu hal dan kerjakan sebaik mungkin.
  2. Unik, menarik dan belum pernah ada sebelumnya.
  3. Keluar dari Web dan Mobile App, dua hal tersebut hanya alat, bukan tujuan
  4. Buatlah produk real yang bisa djual.
  5. Jangan Mimpi dapat founding jutaan dollar. Sekarang saatnya bangun, jangan percaya para pembicara startup yang cuman ngomong menebar mimpi founding jutaan dollar.
  6. Tentukan prospek bisnis startup, jika tidak ada prospek bisnisnya walaupun karya ana unik, lupakan. Anda hanya menyianyiakan waktu.
  7. Stop berpikir  seperti  ” saya ingin membuat website seperti facebook tapi bedanya……dst”. 
  8. Pastikan solusi bermanfaat didunia nyata, seperti flighradar24.

Setelah menulis 3 artikel tentang startup, saya mohon maaf jika banyak kritikan tajam pada startup yang sudah berjalan, bukan benci, tapi karena saya ingin indonesia menjadi lebih baik, bukan menjadi follower, tapi jadi trendsetter dan inovator!

Demikian saja, semoga bermanfaat!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Ingin Bangun Startup, Berpikirlah di luar kotak”

  1. betul, setuju sekali dengan artikel anda. Kalau dipikir-pikir zaman sekarang Startup sebaiknya bukan sekedar software tapi juga dicombine dengan Hardware, selain dari contoh yang anda sebutkan diatas juga ada startup kamera Lytro dan kamera GoPro..

Tinggalin komentar dong!