Sudah berapa lama anda mengikuti Blog Candralab? Mungkin sebagian dari anda baru mengunjungi sekali namun saya yakin ada pembaca setia yang berkali kali mengunjungi blog ini.  Candralab  lahir tahun 2010 yang merupakan bentuk usaha saya memisahkan tulisan profesional di bidang IT, Jaringan dan Pemprograman dengan Blog tutorial untuk orang awam tdi  candraadiputra.blogspot.com.  Blog tersebut saat ini masih aktif namun sudah di alihkan ke komputer.candra.web.id.

Sekedar kilas balik, Saya mulai menulis Blog di tahun 2005 dan alhamdulillah sampai hari ini masih sempat menulis. Sebagian dari anda mungkin heran kenapa akhir akhir ini blog jarang diupdate? Jawabannya ada dua yaitu karena Kesibukan Kerja dan  Idealisme Dalam Menulis.

Kesibukan Kerja

Segala sesuatu kalau tidak diseriusi  maka hasilnya juga tidak akan serius. Bahkan kalau mau di ibaratkan emak emak yang ikut MLM,  jualan tupperware atau produk kecantikan kalau ga diseriusi juga ga bakal sukses walaupun kawan yang mengajak ikut MLM Dulu bilang bahwa ini “BISNIS SANTAI HASIL GEDE”. Saya termasuk orang yang tidak percaya hal tersebut. Maka saya berusaha meluangkan waktu dalam menulis dengan serius.

Dulu Saya biasa menulis tiga sampai lima artikel perminggu bahkan pernah dalam satu bulan minimal satu tulisan saya terbitkan tiap harinya. Dulu hal tersebut bisa dilakukan karena saya adalah seorang Freelance Programer  alias pengangguran terselubung sehingga masih banyak waktu luang untuk menulis. Selain itu Blog adalah catatan pribadi dan petunjuk teknis dari masalah yang saya hadapi . Niat saya waktu itu  sebenarnya untuk mendokumentasikan masalah pemrograman atau jaringan yang sedang saya kerjakan.

Saat ini saya bekerja fulltime kantor yang artinya waktu menulis dan mencoba hal baru dibidang IT semakin berkurang. Namun insyaallah blog ini akan terus terupdate.

IDEALISME dalam Menulis

Alasan utama yang membuat blog ini jarang diupdate adalah masalah menjaga kualitas tulisan. Saya berusaha menjaga idealisme tulisan agar tetap Orisinil buatan sendiri (asli)dan Bukan sekedar berita IT seperti di Detikinet dan bukan terjemahan artikel bahasa asing. Saya berusaha menulis berdasarkan pengalaman yang saya alami atau  minimal tulisan yang saya buat bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika anda ingin membaca berita teknologi , smartphone  atau produk IT terbaru Blog ini bukan untuk anda. Namun jika anda tertarik dengann hal hal berbau teknis di bidang Pemrograman dan jaringan serta ilmu komputer maka saya berharap candra.web.id  bisa menjadi salah satu referensi anda.

Saya tidak suka dengan menulis artikel kopas, apalagi kopas dari situs berita seperti detikinet. Melakukan tindakan tersebut tidak ada bedanya dengan menyampah di internet. bayangkan jika ada satu tulisan bagus di kopas puluhan bahkan ratusan kali, maka Orang akan sulit mencari sumber Aslinya. Saya mengajari diri sendiri akan berusaha menjaga keasilan artikel, menghargai tulisan orang lain dengan tidak meng-kopas-nya termasuk dalam hal ini meminimalisir menterjemahkan artikel dari blog bahasa inggris ke bahasa indonesia

Jika anda ingin membaca berita IT silahkan baca di Detikinet, Kompas Tekno atau rubrik Tech di blog/ website berita favorit anda. Saya tidak mau mengulangnya disini jika saya tidak memberikan informasi lebih yang memberi manfaat bagi pembaca.  Saya disini bukan seorang yang ahli IT, saya lebih senang menyebut diri sebagai seorang pembelajar yang selalu tertarik dengan hal baru dan  ‘How thing work’.

Artikel yang anda baca disini kebanyakan adalah pengalaman pribadi.  Sedangkan untuk topik pemrograman biasanya saya harus membuat code programnya dahulu sebelum menulis artikelnya. Artinya jika saya tidak mengalami masalah teknis dilapangan, biasanya tulisan sedikit karena kurangnya inspirasi :). Berbeda dengan ketika masalah banyak, maka tulisan juga akan banyak namun dengan catatan jika Solusinya ditemukan :-D. Kalau masalah banyak tapi tidak dapat solusinya maka tulisan tidak akan lahir.

Sebagai gambaran, Tahukah anda berapa lama sebuah tulisan pemrograman dibuat di blog ini? Sebagai contoh saya pernah membuat panduan Membuat Chart dengan PHP dan Highchart, tulisan itu saya buat pas baru pertama kali mengenal highcart JS . Untuk membuat tulisan sederhana beserta kodenya saya perlu lebih dari seminggu. Panduan lengkap Pemrograman Google Map dengan PHP memerlukan satu bulan lebih untuk membuatnya. begitu juga panduan MongoDB, tutorial SQlite Android, JSON webservice serta Pengantar Pemrograman Android. Panduan itu dibuat disaat panduan bahasa indonesia sangat itu sedikit dan memang karena saya baru belajar mengenal teknologi tersebut.

Poin penting yang ingin saya sampaikan adalah menulis artikel asli — apalagi masalah pemrograman– yang berkualitas membutuhkan waktu tidak sedikit dan mempertahankan kualitas blog itu tidak mudah. Saya juga mengajak blogger lain agar lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas kontent yang kopas sana sini. Insyaallah jika kita konsisten anda akan mendapatkan hasilnya. sebagai gambaran Saat ini blog di kunjungi sekitar 1000 1500 Unik Visitor dan sekitar 2000-2500 Pageview tiap harinya.

What Next ?

Sebenarnya saya sudah membuat to-do list menulis artikel seputar Modern PHP programing, Android Programing,  CSS dan JS Framework, Foo As A Service, Cloud Programing, IoT, Mobile backend seperti firebase, Jaringan dan Server sampai ke topik Machine Learning  dengan TensorFlow. Namun apa daya, waktu dan kemampuan saya terbatas.

Saya ucapkan terimakasih bagi pembaca blog ini dan memohon doa semoga saya tetap bisa terus menulis artikel yang berkualitas, menginsipirasi , mendidik,  memberi solusi dan yang pasti karya Asli !

Happy Blogging!

Categories: OpiniOthers

Candra Adi Putra

Candra Adi Putra S.Kom adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Ingin Kerjasama, Pasang Iklan, Membuat aplikasi Android atau Web? hubungi saya di candraadiputra (at) gmail (dot) com atau WA ke 081328533115

Tinggalkan Komentar plz!