Export Proyek Eclipse ke Android Studio

export

Eclipse adalah tool standar pemrograman android saat ini, namun tool ini sekarang mulai ditinggalkan Google. Google saat ini  sedang membangun IDE sendiri dengan nama Android Studio.  Namun, sampai saat ini, Android studio masih dalam tahap beta testing, sehingga belum siap untuk menjadi tool pengembangan android.

Jika anda ingin mencoba membuat program di Android Studio, sekarangpun anda bisa mendownloadnya, namun sekali lagi, jangan heran kalau masih banyak yang tidak sempura dan terjadi crash. Terus bagaimana cara mengexport proyek android yang sudah terlanjur dibuat di eclipse? Berikut ini caranya

Export Proyek eclipse ke Android Studio

1. Buka Eclipse dan proyek android yang ingin anda export.

2. Masuk ke menu File -> Export , pilih Folder Android -> generate Gradle Build file.

export

Perbedaan mendasar antara Eclipse dan Android Studio ada di Built toolnya. Jika di eclipse menggunakan Ant, di Android Studio menggunakan Gradle.

3. Pilihlah proyek yang ingin di export, lalu klik next, pada jendela selanjutnya pastikan centang di bagian “Force overriding of existing file”.

gradel

Langkah terakhir klik tombol finish. Yang menarik disini, file hasil export ini tetap bisa dipakai oleh eclipse. Proses export hanya menambahkan script Gradle yang dibutuhkan oleh Android studio.  Letak file proyek hasil export sama dengan file proyek lama.

Import file Eclipse di Android studio

  1. di Android studio, tutup semua proyek yang sedang terbuka, seharusnya sekarang muncul tampilan Jendela  “Welcoem to Android Studio”.
  2. Pilihlah Import Project.
  3. Buka folder proyek lama dan pilihlah file  “build.gradle”  lalu klik OK.
  4. Pada Dialog selanjutnya, centang “Use Gradle wrapper” lalu klik OK, Selesai.

Referensi :http://developer.android.com/sdk/installing/migrate.html

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Export Proyek Eclipse ke Android Studio”

Tinggalin komentar dong!