Evolusi Teknologi Input Output Komputer

Selama puluhan tahun, input dan output tidak banyak berubah. 3 Komponen dasar yang tidak berubah sejak era PC keluar adalah Keyboard, Mouse dan Monitor. Lalu muculah Touch screen yang merevolusi smartphone dan Gadget. Walaupun Teknologi layar terus dikembangkan, namun konsep layar  2 Dimensi tidak akan berubah, mau secerah apapun, mau anti air, anti gores anti pecah itu semua tetap layar 2 dimensi. Teknologi Input juga tidak banyak berubah, dari dulu sampai sekarang selalu Keyboard dan Mouse.

Artikel ini akan menggambarkan konsep Input output dimasa mendatang. Sebagian ini sudah dipasarkan, sebagian hanya konsep,prototype , simulasi,  atau hanya sekedar science fiction. Walaupun demikian, teknologi ini cepat atau lambat pasti akan hadir.

Bagian ini saya bagi menjadi dua yaitu Teknologi Input dan Output

Teknologi Input

Kinect

Teknologi ini sudah beredar bertahun tahun yang lalu, cocok untuk yang suka main game, karena tubuh benar benar bergerak. Bukan cuma ujung jari di keyboard atau gamepad. Teknologi ini menggunakan camera untuk menangkap gerakan tubuh dan Voice Recegnotion. Harganya berapa ya di indonesia?

Myo Wearable Gesture Controle

Inia dalah artikel ketigaku yang membahas Myo. Input ni bener bener keren. Bisa diimplementasikan dibanyak kasus. Sayangnya saya tidak tahu kapan ini akan beredar di indonesia.

 Teknologi Output

Holo Table.

Holo table adalah Layar hologram 3 Dimensi yang saat ini baru sebatas konsep, namun sudah dipakai dunia “Sci-fi”. contohnya adalah TV Series Agent Of shield. Layar holo table sangat cocok dipakai untuk para arsitek, Enginer dan sebagainya . Sejauh ini baru sekedar konsep, belum ada produk yang beredar sejauh ini. Jika anda menonton Ironman, Holo table selalu muncul saat dia sedang merancang Iron suit.

 

Cisco TelePresense

Ini adalah prototype dari Cisco dengan konsep telepresence. Saat anda telepon dengan orang lain, orang tersebut akan muncul didepan anda secara 3D persis seperti kondisinya saat ini, termasuk baju yang dipakai . Sayangnya, kapan teknologi ini ditanam di handphone belum ada kepastian.

The Leviathan Project

Bagi pecinta bioskop, suka kan kalau nonton di Imax atau 3D. Di luar negeri justru malah sudah 4D, kita benar benar merasa ada didalam film (namun cuman efeknya, kalau ingin merasakan 4D itu seperti di Dufan). Proyek Leviathan ini lebih keren dari itu. Gambar yang ada di layar itu keluar tanpa pake kacamata 3D. Literaly! Sampai sekarang saya masih bingung cara kerjanya.

Virtual reality Omni


 

3D Printer

Sudah keluar dan dipasaran diluar negeri dengankisaran harga sekitar 5000 USD. Printer ini bukan mencetak dikertas, tapi di bahan plastik. Cocok Bagi artis, desainer ataupun arsitek.

 

 

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!