Evolusi Teknologi dan Layanan Bookmark Website

dmoz

Bookmark adalah istilah yang digunakan untuk ‘menandai’  halaman terakhir dari sebuah buku yang anda baca. Sejak kemunculan internet, istilah bookmark  lalu diadopsi untuk menyimpan lokasi website atau artikel dan diimpan di browser. Beberapa browser awal yang mengimplementasikan bookmark adalah netscape dan Internet Explorer. Bookmark biasanya dikelompokan kedalam kategori.

Teknologi Bookmark di browser

Evolusi Bookmarking di browser yang cukup mencolok adalah sebagai berikut:

1. Bookmarklet 

Bookmarklet adalah code javascript yang akan memudahkan user mengambil atau mengolah halaman yang sedang dibuka. Beberapa bookmarklet bahkan bisa menampilkan informasi website, mengubah ukuran layar, memposting artikel ke blog atau social media dan sebagainya hanya dengan sekali klik. Anda bisa mencoba beberapa bookmarklet yang sangat bermanfaat disini .

2.  Import & export

fitur ini dipakai untuk menyimpan sekumpulan bookmark kedalam format html atau fomat lain. Fitur import biasanya dipakai saat anda mengganti browser.  Ketika anda menginstall Firefox, anda akan ditawari  apakah bookmark di IE akan di import atau tidak .

Bookmark Bar

Bookmarkbar adalah ‘toolbar’ yang berisi sekumpulan bookmark website yang telah anda tandai sebelumnya. Bookmark bar dipopulerkan oleh firefox.

Live bookmark

live bookmark adalah bookmark yang isinya berubah secara dinamis sesuai denganupdate  artikel terakhir yang ada di websitenya. teknologi yang dipakai oleh live bookmark  adalah RSS.

Bookmark sync

Bookmark sync adalah fitur yang tersedia pada browser untuk menyimpan bookmark ke server dan akan mensinkronkannya dengan browser yang di PC yang berbeda dengan syarat browsernya sama. Syncing antar Browser sejauh ini belum bisa dilakukan. Sebagai contoh, anda memakai opera browser di Desktop Windows,  Ketika anda membookmark sebuah halaman web, maka secara otomatis browser akan menyimpan data tadi ke server. Saat anda membuka opera lewat komputer smartphone, bookmark yang tadi ada langsung muncul di Opera mobile  anda. Masing masing browser mempunyai cara tersendiri untuk syncing bookmark namun cara kerjanya sama.

Layananan berbasis Bookmark

Di era web2.0, layanan berbasis bookmark ini sangat banyak. Beberapa layanan yang berbasis bookmark adalah sebagai berikut

Direktori website dmoz.org

Dmoz adalah layanan yang mendata seluruh alamat website dan mengelompokannya dalam kategori kategori. Layanan ini adalah basis dari semua layanan online bookmarking.

Social Bookmarking site.

Sejak era social web berkembbang, Bookmark bersifat social, artinya ketika anda menyimpan sebuah halaman menarik, anda bukan menyimpan di browser tapi di layanan bookmarking dengan harapan teman atau orang lain bisa melihat bookmark anda. Layanan yang mempopulerkan bookmarking ini adalah Digg.com, reddit serta delicious.com. Beberapa website mengkhususkan untuk membookmark hanya gambar saja seperti pinterest. Pinterest sebenarnya juga sama dengan layanan lain, perbedaannya pinterest fokus ke Gambar.

sharing tool 

Digg,reddit dan delicious adalah segelintir dari ratusan layanan bookmaring sejenis di internet. Dengan banyaknya layanan ini maka munculah layanan yang memudahkan orang untuk membookmark website. Dua layanan populer untuk sharing bookmark adalah Addthis dan sharethis. Anda pasti sering melihat tool ini diberbagai website yang anda baca.

Variasi dari Bookmark bernama ‘Like’,’+1′,’Tweet.

Di era social web sekarang, sudah jarang orang membookmark secara manual, sekarang, layanan bookmark ini terintegrasi dengan jejaring social namun diberi istilah yang berbeda.  sebagai contoh istilah bookmarkingdi google+ adalah ‘+1’. Bookmarking di facebook bernama ‘like’ dan Bookmarking lewat twitter disebut Tweet. Ya ga? pada intinya , semuanya berawal dari bookmark, hanya saja nama dan bentuknya saja yangberbeda.

What Next? 

Percaya atau tidak, history repeat it selft. Setelah kita pada mulanya hanya membookmark untuk diri sendiri, lalu trend berubah menjadi public bookmark  lalu berkembang menjadi social bookmark  kemudian  terintegrasi dengan social media.  Sekarang, trend bookmarking kembali ke layanan ‘privat’ bookmarking. Salah satu pelopor Layanan ini adalah pocket dan instapaper.   Ide dari pocket tidak jauh jauh dari bookmarking. Ketika anda melihat sebuah artikel menarik, namun anda tidak ada waktu untuk membaca, maka pocket akan menyimpan alamat tadi  untuk diri anda sendiri.  Anda bisa membuka kembali alamat tadi  dari smartphone, tablet, PC atau gadget yang lain. Nah loh? nyadar ga kalo ‘history repeat it selft”.

dalam artikel selanjutnya saya akan membahas lebih dalam dari pocket dari sisi ide,rancangan, desain dan layannnya. Artikel selanjutnya lebih fokus ke ‘bagaimana kita bisa membangun startup dengan mengambil studi kasus pocket. :).

sebagai penutup, jangan lupa artikel ini dibookmark ya :)

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!