Event Google untuk Developer

io

Di Posting sebelumnya saya sudah membahas tentang tool dan layanan dari Google untuk developer, kali ini, saya akan membahas tentang event atau acara yang diselenggarakan oleh Google. Acara tersebut bisa berupa kompetisi, Workshop atau seminar atau kombinasi dari ketiga hal tersebut. Acara yang saya tuliskan disini adalah acara yang sifatnya rutin. Ingin tahu apa saja event Google untuk developer yang (mungkin saja) bisa anda ikuti di tahun ini? Lanjut terus  bacanya gan!

Google IO

Google IO adalah event tersebar Google yang diselenggarakan di Moscon Center, San fransisco, California Amerika. Event ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun dari tahun 2008 selama dua hari di bulan mei.  Event ini dihadiri lebih dari 5000 developer dari seluruh dunia. Setiap tahun, Google mempekenalkan teknologi dan layanan baru yang membuat para developer berdecak kagum, Sebagai contoh, tahun 2011 kemarin Google memperkenalkan Android@home, Google Chrome OS, Android HoneyComb dan Google Music , apalagi Google hobi membagikan produk berbasis android pada para peserta secara gratis. Di tahun 2010, Google membagikan Google Nexus One ke peserta, sedangkan pada tahun 2011 kemarin, Google tidak tanggung tanggung, membagikan tablet Android dan Google Chrome OS notebook secara gratis ke Pesertanya? kita tunggu saja kejutan dari Google tahun ini.

Terus, kita yang di indonesia dapat apa ya? Ooh.. jangan kecewa, setiap Acara di Google IO didokumentasikan dengan baik,  entah itu video atau presentasi masih bisa anda akses dan bisa anda lihat di http://www.google.com/events/io/2011/.

Google Developer Day

Google Developer Day adalah event sehari yang diselenggarakan oleh Google yang lebih tepat di sebut Workshop. Acara ini biasanya di selenggarakan hanya di kota kota besar di dunia, dengan target peserta adalah developer yang sudah berpengalaman. Sama seperti Google IO, Event ini juga didokumentasikan oleh Google sehingga anda bisa melihat rekaman acara tersebut beserta materinya. Klik di http://www.google.com/events/developerday/2011/ untuk melihat dokumentasi Google Developer day di tahun 2011 kemarin.

Google Devfest

Google Devfest adalah event yang diselenggarkaan google dengan target programmer pemula , hal ini karena isi materi di Google Devfest lebih seperti Seminar dengan materi “Introduction”. Google Devfest biasanya diselenggarakan di Negara negara berkembang seperti Thailand atau Indonesia. Google sudah dua kali menyelenggarakan event ini di jakarta. Pada tahun 2010 event ini diselenggarakan di Kampus BINUS sedangkan pada tahun 2011 kemarin di selenggarakan di Hotel JW Marriot Jakarta. Satu hal yang penting adalah, Acara ini gratis , anda tinggal daftar secara online dan jika anda di undang, akan ada email balasan dari Google yang menyatakan anda di undang. Semua orang boleh daftar, namun biasanya google menyeleksi peserta mengingat tempatnya terbatas, hanya cukup untuk 600an peserta.

Manfaat yang paling terasa di acara ini adalah anda akan langsung bertemu dengan para pembuat produk Google. Tiap hari anda membuka Google+, disini anda langsung ketemu dengan developer Google+, Anda programmer android? anda akan bertemu para developer di balik Produk Andoid. Pokoknya seru dan keren deh . Saya ngomong gini karena baik tahun 2010 dan tahun 2011 saya ikut acara ini :-). Kita tunggu saja di tahun 2012 ini, kira kira dimana ya Google akan membuat acara? Moga aja di JOGJA :D.

Google summer of code

Event ini merupakan evenet Google yang berbentuk kompetisi, jadi jika anda ingin ikut acara ini, anda harus mempunyai ide bagus yang ingin anda implementasikan kedalam layanan, aplikasi atau software. Satu lagi syaratnya adalah, Code yang anda buat harus di opensource kan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google sangat  mendukung Open source, salah satunya dengan eVent ini. Peserta yang proposalnya di seujui akan mendapat  5000 dollar (sekitar 45 juta brO!!! $_$ )  untuk membuat program /menyelesaikan penelitiannya.

Jika anda berminat, anda bisa mendaftarkan proposal anda di http://code.google.com/intl/id/soc/. Syaratnya adalah anda berumur diatas 18 tahun dan mahasiswa, sebaiknya anda tidak menyianyiakan kesempatan ini, Jangna cuman ngomong open source tapi cuman “tong kosong”. Buktikan disini!.

Google Code Jam

Google Code jam adalah event programing dari Google bagi para mahasiswa dan programmer profesional untuk menyelesaikan permasalahan dan mengimplementasikannya dalam code. Di sini, anda harus coding terus menerus (bisa 12 jam nontstop atau 24 nonstop). Saya tidak tahu persis teknisnya, tapi jika anda tertarik silahkan buka http://code.google.com/codejam untuk registrasi dan peraturannya.

Happy Coding!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

1 thought on “Event Google untuk Developer”

Tinggalin komentar dong!