Drawable Vs Assets Folder

Setelah lama menjadi programmer android sekaligus pengajar android, ternyata, banyak yang tidak tahu apa perbedaan antara folder Drawable dan Assets. Untuk singkatnya saya akan jelaskan beberapa aspek perbedaan di dua folder ini.

Penamaan

Aturan penamaan file di drawable mengikuti aturan penamaan variabel java yaitu tidak boleh ada spasi tidak boleh menggunakan minus dan tidak boleh mengandung simbol seperti (?,$,#) dst. Aturan tambahannya Tidak boleh menggunakan haruf besar. Aturan lain yang jarang diperhatikan adalah tidak boleh ada dua nama file yang sama dalam satu drawable walaupun extensinya berbeda.

Contoh nama nama yang tidak valid

Gambar background.jpg
gambar-backround.png
gambar%bacground.jpg

Aturan yang jarang diketahui, tidak boleh ada dua nama yang sama di satu folder drawable
Contoh

background.jpg
background.png

Penamaan diatas akan menyababkan eror karena folder di drawable di referensikan berdasarkan namanya saja tanp ektensi, tidak percaya? coba saja.

Aturan penamaan di asset lebih bebas, segala penamaan yang bisa anda lakukan di Windows atau Linux bisa anda pakai di folder Assets.

SubFolder

Drawable tidak memperbolahkan ada subfolder, sedangkan assets membolehkan anda membuat subfolder untuk mengatur file file anda. Masih ga percaya juga? coba buat folder baru di drawable.

Jenis File

Umumnya drawable hanya berisi file gambar atau file xml. Sebenarnya folder ini bisa diisi dengan sembarang file, namun sangat jarang ada orang membuat file selain xml dan gambar di folder ini. Biasanya mereka akan membuat fodler<code> res/raw </code>atau melatakn file di folder assets.

 

Pemanggilan di XML layout

Sejauh ini, hanya file yang ada di drawable yang bisa langsung dipangil di xml layout. File di folder assets hanya bisa dipanggil saat runtime menggunakan java.

 

Keamanan file  di Apk

File APK sejatinya hanyalah file zip yang menggunakan ektensi apk. Anda bisa mengkstrak apk dengan sembarang program arzip seperti winrar, 7zip atau winzip. saat ibuka, file yang ada di folder assets akan tampak seperti apa adanya sedangkan file yang diletakan di folder drawable sudah berubah menjadi file biner yang tidak bisa dibaca/dibuka lagi.

Dari sini nampak bahwa file di folder drawable lebih aman dari proses reserve engine.

 

Ringkasan

Ringkasan dari penjelasan diatas adalah sbb:

 

 No Hal Drawable Assets
 1  membuat subfolder  tidak bisa  bisa
 2  aturan penamaan  sangat ketat  aturan sama dengan aturan penamaan file di Linux/Windows
 3  Reserve engine  Tidak bisa, file jadi biner  File masih bisa dibaca seperti semula
 4  jenis file  Biasanya file gambar dan XML  file bebas (html,database sqlite,gambar,subfolder dll)
 5  Di panggil di XML  bisa, sangat mudah  tidak bisa
 6  Di panggil lewat java  bisa  bisa

 

Semoga penjelasan yang sedikit ini bisa mengurangi kasus error yang tidak perlu saat anda belajar pemrogrograman android.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!