CSS Framework

CSS framework Get Skeleton

Sebagai web developer, pasti sudah sering mendengar kata framework, terutama PHP framework dan Javascript Framework. Framework adalah sekumpulan fungsi, class, atau API yang siap pakai. Tujuan adanya framework adalah mempercepat proses development dan membuat standarisasi coding. Hal lain yang paling penting dari adanya framework adalah menghilangkan konsep “don’t reinvent the wheel” alias jangan mengerjakan sesuatu yang sudah di kerjakan oleh orang lain atau sudah pernah dikerjakan sebelumnya :).

Dalam artikel ini saya akan membahas CSS Framework. Nah apa itu? CSS framework adalah library CSS yang digunakan untuk membuat standarisasi layout dan thema dari website. Dengan CSS framework kita bisa membuat Front-end website dengan cepat mengingat layout dan tampilan sudah disediakan.  Jika kita bandingkan dengan PHP framework dan Javacript framework, maka tugas masing masing adalah sebagai berikut:

  1.  PHP Framework , mempercepat proses development dari logic bisnis aplikasi (back end)
  2. Javascript framework mempercepat proses developmet untuk AJAX, animasi, UI dan interaksi dengan User.
  3.  CSS Framework bertugas membuat tampilan layout yang standar, rapih, dan tampil sempurna disetiap browser atau device.

Saat ini, sudah ada puluhan CSS Framework di internet. Jika anda ingin mencari di Google, gunakan query “List CSS framework”. Namun, daripada anda bingung memilih CSS framework, saya rekomendasikan 5 CSS framework yang populer, mudah dipelajari dan yang penting Free.

5. Get Skeleton

CSS framework Get Skeleton

Getkeleton adalah CSS framework yang mengutamakan kesederhanaan dan mengusung konsep Responsive web design. Ukuran dari framework ini sangat kecil.  Framework ini sudah menyediakan layout tampilan, form, tombol dan typography.

4. jQuery UI

jquery UI

jQuery UI tergolong CSS framework yang cukup mumpuni, kelebihan utamanya, kita bisa memakai sebagian komponen sesuai kebutuhan, namun kekurangan yang paling nampak, jQuery UI tidak menyedikan layout standar (misal grid 12 atau grid 16).  saya yakin sebagian anda sudah memakai framework ini.

3. Blueprint CSS

Blueprint CSS Framework

2. 960 Grid System

960 Grid system

1. Twitter Bootstrap

Ini adalah CSS framework yang paling saya suka. Dengan framework ini, kita bisa membuat layout seperti Twitter atau GMail. Twitter bootstrap mengutamakan konsep Modern web design dan responsive web design. Namun, library ini sangat rumit.

Dah ga zaman buat design pakai Dreamweaver atau CSS biasa,  apalagi masih pake tabel layout. Go a head bro!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!