Cloud IDE

Cloud9

Sebagai Developer, apa yang bisa anda lakukan ketika hanya ada Browser dan koneksi internet? Mungkin sebagian dari anda mencari artikel, tutorial, screencast atau ebook tentang pemrograman. Dari semua aktifitas diatas, semuanya pasif, kita tidak produktif. Sebagian dari anda mungkin sedikit lebih aktif ketimbang kelompok pertama tadi. Anda  mengomentari sebuah tulisan, Memposting di forum, menulis Blog atau ikut gabung di Milis pemrograman. Sekarang? Bisakah anda tetap mengengerjakan proyek pemrograman anda hanya dibekali browser dan koneksi internet, dimanapun dan kapanpun ?

Perkenalkan CLoud9 IDE, Sebuah Alat pengembangan terpadu berbasis Web. Cloud IDE adalah Aplikasi Web (Software as service) untuk Developer. Disini anda bisa melakukan apa yang bisa di lakukan di IDE kesayangan anda, baik itu Aptana IDE, DreamWeaver atau Visual Studio. Anda cukup mendaftar dan anda tinggal membuat proyek software dan mengedit kodenya langsung di Web.

Sebenarnya diluar sana masih banyak CLoud IDE, Namun Cloud9 masih terbaik dengan keunggulan sebagai berikut :

1. Banyaknya dukungan bahasa pemrograman

Cloud9 Mendukung bahasa pemrograman C,C++,C#, javascript, Java, PHP, Ruby, Python dan bahasa pemrograman lainnya.

2. Free dan Berbayar

Untuk memakai tool canggih ini anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, namun project anda bersifat publik. Jika anda ingin membuat project private (non open source) anda cukup membayar 15 USD per bulan.

3. Code editor

Code editor di Cloud9 bukan hanya sekedar text editor, namun disini mendukugn syntax highligting, line number, autocomplete dan debuging.

4. Integrasi Code repository

Jika anda mempunyai poject di GitHub, Bitbucket atau mercurial anda juga bisa langsung mengeditnya disini.

5. Kolaborasi

Anda tetap bisa bekerja dalam team dalam mengerjakan sebuah proyek, dengan IDE online  File management terpusat anda bisa mengontrol dan melihat progres secara realtime.

Berikut ini adalah tampilan dari Dashboard Cloud9 IDe (klik gambar untuk memperbesar)

Tampilan dibawah ini adalah tampilan IDE dari Cloud9 IDE  (klik gambar untuk memperbesar)

Tapi ingat ya..koneksi internet harus stabil. Kalau internetnya juga lambat yang ada malah jadi tambah tidak produktif :D.

Happy Coding!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

2 thoughts on “Cloud IDE”

Tinggalin komentar dong!