Chrome To Phone

chrome2phone

Chrome to phone adalah aplikasi yang dibuat oleh Google untuk menghubungkan Browser Chrome dengan Android. Dengan Chrome to phone anda bisa membagi link, peta,video youtube, text dan nomor contact dari Google chrome di desktop ke  Handphone Android. Chrome to phone terdiri dari dua komponen: komponen pertama di install di Android phone sedangkan  komponen kedua berupa ekstensi Google Chrome.

Mungkin gambaran diatas masih kabur, untuk itu saya akan jelaskan dengan contoh kasus.

1. Anda sedang melihat video menarik di Youtube lewat Google chrome, anda tertarik untuk memutar video tersebut di Android, anda cukup klik ektensi Chrome to phone dan secara magic video tadi akan di buka di Smartphone.

2. Anda melihat peta Gogle map  di  browser Chrome , jika anda ingin melihat lokasi peta tersebut di android, anda cukup klik ektensi Chrome to phone dan secara magic peta akan terkirim ke android anda.

3. Anda membuka alamat website yang panjang, anda ingin membuka alamat web tadi lewat smartphone tapi anda malas mengetik alamat webnya, anda bisa bisa meggunakan chrome to phone dengan sekali klik dan otomatis web terbuka di browser android.

4. Anda mencari informasi sebuah perusahaan dan kemudian anda mendapatkan nomor contact perusahaan tersebut. Dari pada repot repot mengetik nomor telponnya cukup gunakan chrome to phone, pilih nomor kontaknya lalu klik chrome to phone, maka otomatis nomor contact tadi langsung terkirim ke handphone.

5 . Anda ingin mengirim sebuah puisi atau ucapan selamat buat pacar anda, lalu anda mencari lewat web, setelah ketemu anda cukup blok teks yang ingin anda kirim, lalu klik Chrome to phone. Dari aplikasi sms anda cukup long touch klik paste, maka teksnya langsung terpaste dan anda tinggal ‘send’.

Itulah lima sekenario yang menggambarkan chrome to phone. Bagaimana langkah instalasinya?

  1. pastikan baik Google Chrome dan Smartphone anda terkoneksi internet. Koneksi internet dua perangkat ini tidak harus satu jalur, bisa saja komputer menggunakan Speedy namun Smartphone menggunakan paket Data dari Operator misal Telkom flash. Itu tidak masalah dan itulah kelebihannya.
  2. Install ektensi Chrome to phone untuk browser  di sini , bagian ini diinstall di Googel Chrome  lalu  install aplikasi Chrome to phone lewat Google play atau klik disini untuk untuk menginstallnya.
  3. Agar chrome to phone bisa berfungsi, anda harus login ke Google Account baik di Ektensi Chrome maupun di Androidnya,

Dah selesai dah, Selamat mencoba dan menikmati kemudahan dari  produk terbaik Google. Berikut ini saya sertakan video resmi dari Google yang menjelaskan cara instalasi dan pemakaiannya.

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!