Catatan Google Devfest 2013 Jogja

Google Devfest adalah event tahunan yang di selenggarakan Google di berbagai negara, biasanya event berlangsung dibulan Oktober November.  Di Indonesia, event ini sudah berlangsung sejak tahun 2010. Pertama kali event di adakan di Kampus Binus, lalu ditahun berikutnya di Hotel JW Mariot, event ketiga saya tidak ikut dane event keempat ini diselenggarakan di 4 kota yaitu Jakarta, Bandung, semarang dan Surabaya.

Saya hanya akan membahas apa yang disampaikan oleh pembicara di Devfest tahun ini secara singkat.

1. Keynote Speech, Chelley Gray. 

Inti dari keynote adalah memperkenalkan Teknologi Google untuk para developer. Teknologi yang dibahas adalah Googl API, Cloud computing, Google AppEngine, Google Chrome dan Android. Singkatnya, Chelley memperkenalkan teknogi yang terangkum di developer.google.com.

2. Inovation at Google, Pepita Gunawan

Inti dari materi ini adalah bagaimana sih rasanya kerja digoogle. Isi dari presentasi lebih banyak mengenalkan produk google untuk end user dan corporasi mengingat si pepita ini memang bekerja di google pada bagian Google App support.

Namun, yang paling saya suka dari Inovation at Google adalah prinsip Moonshoot alias menembak bulan. Maksudnya, jika kebanyakan orang ingin mengalami tingkat sukses 10% dari sekarang atau 2x lebih sukses, Google menginginkan sukses itu 10x dari kondisi sekarang. Jadi kalau sekarang sudah sukses di Google map, mereka tidak akan puas, mereka ingin Google map 10x lebih sukses dari sekarang. Itu prinsip dari moonshoot.

Hal lain yang disampaikan dari pemateri ini adalah banyaknya jumlah layanan/aplikasi dari Google, anda bisa melihatnya disini 

 

3. Do and Don’t in Android Development

materi ini disampaikan oleh founder onebit Fachry bafadal. Inti dari materi ini adalah apa hal hal perlu dilakukan dan jangan dilakukan saat membuat aplikasi android. Contohnya adalah, buatlah aplikasi yang berbeda dengan tampilan website, jangan membuat aplikasi yang “membungkus” website didalam webview. Yang kedua, jangan niru platform tetangga sebelah yang menunya dibawah. Android menggunakan actionbar, menunya diatas.  Singkatnya, materi sebagian besar diambil dari http://developer.android.com/design/patterns/pure-android.html.

 

4. Build Mobile App in Social network Era

Penyampai materi ini adalah Oon Arifandi dari 7langit. Inti dari materinya adalah teknik mengintegrasikan Login jejaring social kedalam aplikasi Mobile, terkhusus dalam hal inia dalah android. Berikut ini adalah referensi yang bisa anda baca.

  1. https://developers.facebook.com/docs/android/
  2. https://dev.twitter.com/
  3. https://developers.google.com/+/

5. Epidemic detection using Google map

inti dari materi ini adalah demo aplikasi Health CIrcle. Aplikasi mobile ini akan mendeteksi lokasi wabah disebuah daerah. Menurut si pembuat aplikasi, setiap laporan wabah penyakit atau pandemic, datanya sudah diverifikasi oleh dokter. Saya ga tau teknik dibelakang layar, cuma kalau interfacenya standar aplikasi Google map plus jejaring social yang lebih fokus ke kesehatan.  Health circle nantinya akan tersedia di Google play, sejauh ini saya cari cari belum ada yang artinya belum di publish.

Dari pemateri ini, saya suka motonya, “Buatlah aplikasi yang membuat orang lain /pemakai bahagia”. wah, ini bener bener sudut pandang baru bagi saya, saya dari dulu hanya fokus ke aplikasi fungsional, cantik dan indah serta mudah dipakai. Namun sekarang ada tambahan, buatlah aplikasi yang membuat orang lain tersenyum dan bahagia, bukan asal jalan.

6. Why UI/UX Matters

intinya, jangan buat program atau website asal jalan, perhatikan juga sisi interfacenya, workflownya, keindahan aplikasinya dan kemudahan pemakainya. Presentasinya bener benar menarik, apalagi dibawakan secara santai dan kocak oleh Beny Fajari, CEO dari kreavi.  Dari semua pemateri, mungkin materi inilah yang paling menarik dan bermanfaat, terimakasih mas Beny.

Sekedar tambahan, kreavi.com adalah website yang berisi screenshoot /show off dari para desainer di indonesia. Kalau kamu punya aplikasi dan UI yang revolusioner, upload aja screenshootnya disana. Kreavi sendiri boleh saya bilang Website versi lokal dari http://dribbble.com.

7. Rise of Female Developer

Presentasi singkat dari pendiri femaledev.org. Intinya,  mengajak para developer cewek untuk  bergabung ke femaledev.org. Namun yang lebih menarik adalah bentuk nyata dari femaledev yang membuat training dan pelatihan gratis untuk para cewek developer atau calon developer dengan topik topik programing terbaru. Kalau kamu cewek suka coding, gabung aja disitu.

8. Promote Your app With youtube

Ajakan dari founder Layaria untuk mempromosikan aplikasi lewat chanel Youtube. Kebanyakan aplikasi mobile atau web gagal dipasar karena kurang promosi, kenapa tidak memanfaatkan layanan youtube untuk promosi? Nah itu inti dari presentasinya.

Bagaimana youtube bisa mempromosikan aplikasi kita? Ya kita buat video yang menarik lalu publish di youtube. Gitu aja? Tidaklah, lalu kita analisa dengan Youtube analitics. Dengan bahasa yang lebih singkat, Youtube analitics adalah Google analytics untuk Video.

9. Building startup

Berisi tip tips membangun startup yang disampaikan oleh sanny Gaddafi. Berbeda dengan topik yang lain yang lebih fokus ke teknikal, mas sanny ini menjelaskan bahwa untuk menjadi startup yang sukses, kita harus kerjasama dengan rekan dari bidang lain. Misalkan ingin membangun  startup seperti aplikasi Healh  Cicrle diatas. Bagaimana biar sukses, Programmernya dari Teknik informatika, Ahli kesehatannya dari Jurusan Kedokteran , dan pemasaran aplikasinya dari mahasiswa Ekonomi. Intinya, membangun startup jangan semuanya anak Teknik informatika! kerjasama guys !\

10. Introducing Native academy

Native academy ini merupakan sejenis incubator yang akan menampung dan membimbing para mahasiswa yang tertarik membangun startup. Sayangnya Native academy hanya dikhususkan untuk mahasiswa UGM. intinya adalah  pihak yang akan mendukung startup yang ingin anda bangun. Apakah ada bantuan keuangan juga? Wah saya kurang tau!

Dari 10 sessi diatas, ada 2 sessi yang lebih menarik yaitu sessi makan siang dan sessi bagi bagi kaos :). Lumayan guys, dapat kaos gratis dari Acara ini!

Author: Candra Adi Putra

Candra Adi Putra adalah Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. Like Candralab Studio Di Facebook.

Tinggalin komentar dong!